Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi kognitif behavior untuk mengatasi kecemasan seorang mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Lailyyatun (2018) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi kognitif behavior untuk mengatasi kecemasan seorang mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailyyatun Nadhifah_B73214067.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Kognitif Behavior dalam Mengatasi Kecemasan Seorang Mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana hasil pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Kognitif Behavior dalam Mengatasi Kecemasan seorang Mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif yang mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis deskriptif dengan membandingkan sebelum dan sesudah proses terapi.Permasalahan konseli yakni dilatar belakangi karena konseli belum siap untuk mandiri dan bertanggung jawab untuk masa depannya, konseli selalu khawatir dan selalu berfikir negatif yang mengakibatkan konseli susah untuk melakukan interaksi sosial, Penerapan konseling dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan Bimbingan dan Konseling Islam, dengan langkah-langkah mulai serta yang terakhir yaitu evaluasi dan follow up diri. Treatment ini dapat menyadarkan konseli bahwa cara bersikap, bertindak serta berfikir konseli dalam menghadapi suatu permasalahan selama ini salah. Hasil dari penerapan konseling ini yang dijelaskan dalam tolak ukur perubahan konseli dari segi kognitif, behavior dan potensi diri yaitu konseli mampu memperbaiki cara berfikir yang negatif menjadi positif, serta cara bertindak yang sebelumnya susah untuk berosialisasi dengan orang yang disekitarnya mulai bisa terbuka dan dari aspek potensi diri konseli mampu menjadi pribadi yang mandiri dan belajar bertanggungjawab untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara lebih baik dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Lailyyatunnadhifahlaily@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Kecemasan
Psikoterapi
Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; terapi kognitif behavior; kecemasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 May 2018 03:49
Last Modified: 02 May 2018 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24562

Actions (login required)

View Item View Item