Peningkatan keterampilan mengukur satuan panjang mata pelajaran Matematika melalui strategi contextual teaching and learning kelas III MI Annahdliyin Dukuh Tengah Buduran Sidoarjo

Nurfitriah, Siti (2018) Peningkatan keterampilan mengukur satuan panjang mata pelajaran Matematika melalui strategi contextual teaching and learning kelas III MI Annahdliyin Dukuh Tengah Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nurfitriah_D77214076.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan mengukur satuan panjang siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di MI Annahdliyin Dukuh Tengah Buduran Sidoarjo. Data yang didapat menunjukkan, dari 29 siswa hanya 10 siswa yang memenuhi nilai KKM 75. Sedangkan 19 siswa yang lain mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan mengukur satuan panjang siswa kelas III. Penerapan strategi contextual teaching and learning dipilih menjadi solusi permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan strategi contextual teaching and learning dalam meningkatkan keterampilan mengukur satuan panjang mata pelajaran matematika siswa kelas III MI Annahdliyin Dukuh Tengan Buduran Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengukur satuan panjang mata pelajaran matematika melalui strategi contextual teaching and learning siswa kelas III MI Annahdliyin Dukuh Tengah Buduran Sidoarjo. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Annahdiyin Dukuh Tengah yang terdiri dari 29 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan strategi contextual teaching and learning. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi contextual teaching and learning sudah diterapkan sesuai perencanaan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 79,17 (cukup) menjadi 95 (sangat baik) pada siklus II. Dibuktikan juga dengan peningkatan hasil aktivitas siswa dari perolehan skor 72,37 (cukup) pada siklus I menjadi 91,25 (sangat baik) pada siklus II. (2) Keterampilan mengukur satuan panjang melalui strategi contextual teaching and learning mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 73,52 (cukup) dengan persentase ketuntasan belajar 68,97% (cukup) menjadi 91,27 (sangat baik) dengan persentase ketuntasan belajar 89,65% (baik) pada siklus II. Jadi, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebanyak 17,75 sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 20,68%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sihabudin, Sihabudin
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurfitriah Siti
Date Deposited: 02 May 2018 07:55
Last Modified: 02 May 2018 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24552

Actions (login required)

View Item View Item