Membangun partisipasi masyarakat melalui pengelolaan sampah sebagai upaya penyelamatan lingkungan di Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Albaihaqi, Anita Wahyu (2018) Membangun partisipasi masyarakat melalui pengelolaan sampah sebagai upaya penyelamatan lingkungan di Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anita Wahyu Albaihaqi_B72214023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang permasalahan lingkungan yang terjadi di Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Mulai dari pembakaran sampah yang dilakukan di pekarangan rumah, pembuangan sampah di sungai, adanya program Pemerintah Daerah yaitu Desa Berseri yang tidak ada keberlanjutan serta kurangnya edukasi lingkungan kepada masyarakat menyebabkan belum adanya pengelolaan sampah secara partisipatif yang dilakukan oleh masyarakat sendiri. Permasalahan sampah sejak dulu menjadi permasalahan yang sudah biasa terjadi pada masyarakat bukan hanya di Desa Sumberbening, tetapi penyelesaian oleh beberapa pihak tidak dilakukan secara maksimal sehingga belum jelas perubahannya. Dalam pendampingan ini peneliti menggunakan metode penelitian sosial Participatory Action Research (PAR). PAR terdiri dari tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain. Ketiga kata tersebut adalah partisipasi, riset dan aksi. PAR sengaja dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan dalam prosesnya. Dalam prosesnya peneliti bersama masyarakat melakukan beberapa tahapan yang dimulai dengan FGD untuk mengenali masalah, pendidikan dan penyadaran dilakukan secara bertahap karena kesadaran masyarakat tubuh dari beberapa aksi yang dilakukan secara bersama-sama. Melalui ibu-ibu Pengajian Darusshawab Dusun Mloko sebagai tim lokal membangun partisipasi pada masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah melalui penggunaan kembali sampah plastik yang tidak dapat terurai sebagai polybag untuk menanam sayur dan juga membuat sampah kresek/plasik sebagai media tanam sayuran. Adanya pendidikan dan kampanye yang dilakukan dapat merubah perilaku masyarakat untuk tidak membakar dan membuang sampah di sungai dan memanfaatkannya sebagai upaya penyelamatan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Albaihaqi, Anita WahyuNitanitnot13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; pengelolaan sampah; lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Albaihaqi Anita Wahyu
Date Deposited: 02 May 2018 02:26
Last Modified: 21 Aug 2018 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24550

Actions (login required)

View Item View Item