القيم الاجتماعية في قصة أبي ذرالغفاري في كتاب"رجال حول الرسول" لخالد محمد خالد : دراسة علم الأدب الاجتماعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjanah, Efi (2018) القيم الاجتماعية في قصة أبي ذرالغفاري في كتاب"رجال حول الرسول" لخالد محمد خالد : دراسة علم الأدب الاجتماعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Efi Nurjanah_A71214032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karya sastra merupakan gambaran kehidupan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. terdapat hubungan antara karya sastra dengan kehidupan. Yang mana satra mempengaruhi pola pikir individu atau masyarakat karena sastra merupakan salah satu kebudayaan sedangkan salah satu unsur kebudayaan adalah sebuah nilai. Oleh karena itu dalam sebuah karya sastra tentu terdapat sebuah gambaran yaitu nilai yang dijadikan kaidah sehingga pola pikir masyarakat terbentuk dari karya sastra tersebut. Novel rijal haula rasuladalah novel yang menghimpun kisah perjalanan hidup 60 sahabat nabi yang di karang oleh kholid muhammad kholid, seorang pemikir islam kontemporer asal mesir. Karya – karyanya dikenal dengan gaya bahasa yang halus serta susunan bahasa yang istimewa. Salah satu kisah yang ada dalam novel ini adalah abu dzar al-ghifari. Ia adalah orang pertama yang memberikan salam kepada nabi dengan salam islam, kejujuran tutur kata dan sifat menunaikan janjinya menyerupai isa bin maryam, ia juga termasuk ahli kitab yang lurus agamanya sebelum masuk islam serta ia termasuk kelompok pertama yang masuk islam dari kalangan kaum muslimin. Dalam penelitian ini peneliti ingin membahasa tentang: 1. Apa Bentuk nilai sosial dalam kisah abu dzar al-ghifari pada novel 60 sahabat nabi ? 2. Apa jenis nilai sosial dalam kisah abu dzar al-ghifari pada novel 60 sahabat nabi? Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk lafadz dan jenis nilai sosial yang terkandung dalam kisah abu dzar al-ghifari pada novel 60 sahabat nabi. Sedangkan untuk menjawab persoalan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menukil beberapa sumber yang memuat tentang nilai – nilai sosial serta buku – buku lainnya yang berhubungan dengan pembahasan yang sesuai dengan judul. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peneliti menemukan 16 bentuk lafadz yang mengandung nilai sosial yang meliputi nilai keadilan, tolong menolong, dan tanggung jawab. Sedangkan jenis nilai sosial yang dapat diklasifikasikan dari rumusan masalah pertama menurut teori notonegoro adalah nilai material seperti uang, nilai vital seperti kambing dan keledai dan nilai spiritual yang meliputi nilai moral seperti tolong menolong dan tanggung jawab dan nilai agama seperti mengajak kepada kebaikan dan menolak kebathilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjanah, Efinengefi95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: Nilai sosial; rijal haula rasul
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurjanah Efi
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:23
Last Modified: 30 Apr 2018 07:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24533

Actions (login required)

View Item View Item