Pilihan media massa sebagai sumber informasi bagi remaja Kelurahan Ngagel Rejo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Roby Johan (2018) Pilihan media massa sebagai sumber informasi bagi remaja Kelurahan Ngagel Rejo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Roby Johan Falah_B76213085.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Seperti apa pilihan media massa sebagai sumber informasi bagi remaja Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya? (2) Bagaimana dasar pemilihan media massa sebagai informasi bagi remaja Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya? Untuk mengungkap masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan dan analisis teori uses and gratifications yang berguna untuk mendeskripsikan fenomena penggunaan, motif, serta faktor pendorong pilihan media massa sebagai sumber informasi khalayak remaja Kelurahan Ngagel Rejo, yang akan dilakukan dengan teknik observasi partisipatori, dan wawancara yang mendalam dengan informan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif serta dasar pemilihan media massa bagi remaja di kelurahan Ngagel rejo untuk pencarian informasi dengan menggunakan 4 jenis media massa yaitu televisi, radio, surat kabar, dan internet dalam perspektif teori uses and gratifications. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut: (1) Media televisi dan nternet merupakan media pilihan yang digunakan oleh remaja di kelurahan ngagel rejo (2) Terdapat faktor pendorong kebutuhan remaja sebagai pengguna media yaitu kebutuhan kognitif, afektif, integrasi sosial, dan hiburan dari individu remaja kelurahan Ngagel Rejo dalam memilih media yang digunakan untuk mencari sumber informasi.(3) Dasar pemilihan media massa bagi remaja yaitu: prinsip kemudahan, prinsip biaya, prinsip waktu, prinsip kebiasaan sosial, dan prinsip harapan imbalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Roby JohanJohanfalah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Remaja
Informasi
Keywords: Media Massa; sumber informasi; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Falah Roby Johan
Date Deposited: 30 Apr 2018 06:52
Last Modified: 30 Apr 2018 06:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24531

Actions (login required)

View Item View Item