Pemberdayaan ekonomi: pengolahan Bonggol Pisang: studi pendampingan komunitas perempuan dengan pendekatan Asset Based Community Development di Desa Candipari Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibi, Syaikhu Muchsin (2018) Pemberdayaan ekonomi: pengolahan Bonggol Pisang: studi pendampingan komunitas perempuan dengan pendekatan Asset Based Community Development di Desa Candipari Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Syaikhu Muchsin Habibi_B72214043.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada komunitas perempuan yang berada di Desa Candipari untuk peningkatan ekonomi melalui pengolahan bonggol pisang. Dengan membangun kesadaran secara partisipatif terhadap potensi yang dimiliki, agar mampu untuk menghasilkan hal-hal yang bernilai positif terhadap komunitas perempuan. Sehingga aset yang tidak pernah dimanfaatkan, kini mampu dimanfaatkan dengan kreatifitas para perempuan agar mendapat pendapatan sendiri dalam peningkatan perekonomiannya. Pendampingan ini menggunakan metode Asset Bassed Community Development(ABCD). Metode ini digunakan karena dalam pendampingannya dengan mengutamakan pemanfaatan potensi yang dimiliki masyarakat tersebut. Mulai dari potensi dan asset yang dimiliki salah satu aset alam seperti Bonggol pisang. Pendampingan yang dilakukan melalui pemanfaatan bonggol pisang untuk dijadikan keripik bonggol pisang khas Desa Candipari. Hasil dari pengolahan bonggol pisang yang dibuat oleh masyarakat dipasarkan melalui adanya potensi wisata candi pari dan masyarakat sekitar desa. Dari adanya wisata yang ada di Desa Candipari seperti Candi Pari, Candi Sumur dan kolam renang merupakan peluang bagi masyarakat khususnya kelompok usaha dalam meningkatkan ekonomi dari hasil buatan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibi, Syaikhu Muchsinsyaikhuhabibi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Pemasaran
Pemberdayaan > Perempuan
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Pengolahan; Bonggol Pisang; Pemasaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Syaikhu Muchsin Habibi
Date Deposited: 16 May 2018 05:01
Last Modified: 16 May 2018 05:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24527

Actions (login required)

View Item View Item