Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan melalui model Learning Cycle di Kelas V MI al Islah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochma, Vida Siti (2018) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan melalui model Learning Cycle di Kelas V MI al Islah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Vida Siti Rohma_D97214123.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan realitas di lapangan yang menunjukkan bahwa pembelajaran cenderung pasif dan tidak effisien sehingga pada prasiklus hanya 17,4% dari jumlah siswa yang mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa sering kali diakibatkan guru dalam menerangkan menggunakan ceramah dalam pembelajaran, sehingga siswa pasif dalam menerima pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle dalam pelaksanaan pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Al-Islah Karangbong Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar materi sistem pernapasan manusia melalui model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Al-Islah Karangbong Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 23 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan dan tempat penelitian di MI Al-Islah Karangbong Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, butir soal dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran IPA di kelas V MI Al-Islah Karangbong Sidoarjo dapat dikategorikan baik. Kategori baik ini dapat dibuktikan dengan perolehan observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Observasi aktivitas guru mendapat skor peningkatan dari 72 (kategori cukup) menjadi 92 (kategori sangat baik), kemudian skor aktivitas siswa dari perolehan 69,4 (kategori cukup) menjadi 84,7 (kategori baik). 2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang dapat dikategorikan baik. Penelitian ini dibuktikan dari hasil prasiklus 44,3 (kategori tidak baik) meningkat pada siklus I menjadi 69,1 (kategori cukup) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,2 (kategori sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochma, Vida Sitividarochma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Learning Cycle; Sistem Pernapasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rochma Vida Siti
Date Deposited: 03 May 2018 03:16
Last Modified: 03 May 2018 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24523

Actions (login required)

View Item View Item