Implementasi terapi client centered dalam menangani negative thinking seorang mahasiswa terhadap teman-teman kuliahnya di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuana, Mohamad Bin Mustapha (2018) Implementasi terapi client centered dalam menangani negative thinking seorang mahasiswa terhadap teman-teman kuliahnya di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Zuana Bin Mustapha_B43214119.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Terapi Client Centered dalam Menangani Negative Thinking Seorang Mahasiswa Terhadap Teman-Teman Kuliahnya di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, (2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan Terapi Konsep Diri dalam Menangani Negative Thinking Seorang Mahasiswa Terhadap Teman-Teman Kuliahnya di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Berdasarkan observasi terhadap konseli, ditemukan permasalahan yang dihadapi oleh konseli adalah mempunyai negative thinking terhadap lingkungan perkuliahannya yang berada di dalam kelas. Sekarang konseli menempuh alam perkuliahan di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya semester 8 dan mengambil prodi Hukum keluarga di fakultas Syariah dan Hukum. Konseli merasakan hal tersebut apabila kebanyakan teman perkuliahannya mulai mengasingkan diri dan tidak seakrab dulu ketika berjumpa.Konseli mempunyai tipe ekstrovert, mudah bergaul dan peramah dengan orang lain tetapi konseli hanya ingin bercerita perihal kehidupannya dengan orang yang dia rasakan nyaman dan orang yang dia rasakan dapat dipercayai. Dalam keseharian konseli, konseli adalah seseorang yang memberikan penilaian atau kesimpulan secara bertolak belakang dari kenyataannya sehingga mendasarinya pada kecurigaan dan dugaan-dugaan atau asumsi-asumsi yg belum tentu benar. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis studi kasus komparatif. Analisa data menggunakan studi kasus komparatif yaitu membandingkan sebelum dan sesudah proses terapi Client Centered dalam menangani negative thinking seorang mahasiswa. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul analisis dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil, serta membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah menjalani terapi ClientCentered.
Dalam proses konseling konselor menggunakan teknik-teknik terapi Client Centered. Diawali dengan kesepakatan dengan konseli bagaimana proses konseling ini berlangsung seperti penetapan waktu dan tempat. Teknik-teknik yang digunakan melalui terapi konsep diri adalah mendorong dan membantu konseli dalam memecahkan masalah serta mengurangi negative thinking yang dialami oleh konseli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuana, Mohamad Bin Mustaphamuhammadzuana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pemikiran
Psikoterapi
Keywords: Terapi Client Centered; negative thinking
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 05:06
Last Modified: 30 Apr 2018 05:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24521

Actions (login required)

View Item View Item