Strategi dakwah PERMATA (Persatuan Remaja Masjid Putat Jaya) di Eks. Lokalisasi Dolly Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzati, Isdhihar (2018) Strategi dakwah PERMATA (Persatuan Remaja Masjid Putat Jaya) di Eks. Lokalisasi Dolly Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isdhihar Izzati_B91214075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana strategi dakwah PERMATA (Persatuan Remaja Masjid Putat Jaya) Di Eks. Lokalisasi Dolly-Surabaya? dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah PERMATA (Persatuan Remaja Masjid Putat Jaya) Di Eks. Lokalisasi Dolly-Surabaya? Untuk menjawab rumusan masalah diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang dapat menghasilkan data deskriptif baik berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari yang orang-orang dan perilaku sebagai objek yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah penelitian deskriptif, dimana teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif model Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa Strategi Dakwah PERMATA (Persatuan Remaja Masjid Putat Jaya) Di Eks. Lokalisasi Dolly- Surabaya adalah: (1) Strategi Sentimentil, dengan melakukan pendekatan terhadap setiap individu baik remaja maupun orang tua sesuai sosiologis dan psikologisnya, (2) Strategi Rasional, dimana ada program-program yang sesuai sehingga diminati dan diamalkan oleh masyarakat, dan (3) Strategi Indrawi, penerapan strategi ini adalah dengan adanya kemampuan dan keterampilan untuk membekali para santri TPQ untuk mengikuti agenda kegiatan yang telah terencana. Faktor pendukung Strategi Dakwah PERMATA (Persatuan Remaja Masjid Putat Jaya) di eks. Lokalisasi Dolly- Surabaya adalah dukungan dari para orang tua, dukungan dari para pemimpin daerah, dan instansi- instansi besar yang senantiasa antusias dalam mengikuti agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh PERMATA. Sedangkan faktor penghambatnya adalah naik turunnya antusias remaja dalam menghidupkan organisasi PERMATA, lingkungan yang masih awam akan agama Islam, serta keterbatasan dana. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, kiranya peneliti selanjutnya dapat meneliti progresivitas pengaruh PERMATA terhadap masyarakat di wilayah Putat Jaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzati, Isdhiharisdhihar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Komunikasi Dalam Islam
Keywords: Dakwah PERMATA; Persatuan Remaja Masjid Putat Jaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Izzati Isdhihar
Date Deposited: 30 Apr 2018 06:54
Last Modified: 30 Apr 2018 06:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item View Item