Peningkatan keterampilan menulis materi fi al-Hadiqat pada mata pelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan strategi Al Ta’bir al-Kitaby al Mushawwar siswa kelas V MI Almuhtadi Paciran Lamongan

Margareta, Diah Aida (2018) Peningkatan keterampilan menulis materi fi al-Hadiqat pada mata pelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan strategi Al Ta’bir al-Kitaby al Mushawwar siswa kelas V MI Almuhtadi Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Diah Aida Margareta_D07214003.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang diikuti oleh seluruh siswa MI di Indonesia, termasuk siswa MI Al Muhtadi Lamongan. Bahasa Arab belakangan ini banyak ditekuni oleh masyarakat untuk dipelajari dan ditelaah baik pendekatan normative dan spiritualis. Akan tetapi hasil observasi penelitian di kelas V MI Al Muhtadi di Lamongan menunjukkan bahwa dari 22 siswa 36,6 % siswa yang keterampilan menulisnya mencapai nilai KKM. Dan selebihnya masih butuh bimbingan. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi dalam strategi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara tersebut dan pre test peneliti terdorong untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi Al Ta’bir al-Kitaby al Mushawwar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan startegi Al Ta’bir al-Kitaby al Mushawwar pada materi Fi> al-Hadi>qatpada mata pelajaran bahasa arab kelas V MI Al Muhtadi di Lamongan?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis materi Fi> al-Hadi>qatpada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Al Ta’bir al-Kitaby al Mushawwar kelas V MI Al Muhtadi di Lamongan? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, penilaian performan dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian, dalam penerapan strategi Al Ta’bir al-Kitaby al Mushawwar dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab, diperolah hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 78,57 % dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 85,72% dengan kriteria baik. Adapun hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 66% dengan kriteria kurang, pada siklus II meningkat menjadi 83,3% dengan kriteria baik, dan nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 70,7 meningkat menjadi 76,7 dengan kriteria tuntas sesuai dengan KKM yakni 75, serta persentase ketuntasan keterampilan menulis bahasa Arab pada siklus I 50% meningkat menjadi 82% pada siklus II dengan kriteria tuntas.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Taufik, Taufik
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Siswa; Bahasa Arab; Strategi ta’bir al-kitaby al mushawwar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Margareta Diah Aida
Date Deposited: 02 May 2018 04:36
Last Modified: 02 May 2018 04:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24502

Actions (login required)

View Item View Item