Konseling pranikah dalam upaya meningkatkan kesiapan mental menuju keluarga sakinah pada mahasiswi psikologi semester VIII tahun ajaran 2017/2018 UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idayu, Hafisa (2018) Konseling pranikah dalam upaya meningkatkan kesiapan mental menuju keluarga sakinah pada mahasiswi psikologi semester VIII tahun ajaran 2017/2018 UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hafisa Idayu_B53214017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Konseling Pranikah Dalam Upaya Meningkatkan Kesiapan Mental Menuju Keluarga Sakinah pada Mahasiswi Psikologi semester VIII Tahun Ajaran 2017/2018 UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana hasil Konseling Pranikah Dalam Upaya Meningkatkan Kesiapan Mental Menuju Kwluarga Sakinah pada Mahasiswi Psikologi semester VIII Tahun Ajaran 2017/2018 UIN Sunan Ampel Surabaya? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus yang kemudian di analisa dengan menggunakan deskriptif komparatif. Sedangkan dalam mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan juga angket. Setelah data terkumpul kemudian di analisis untuk mengetahui proses konseling pranikah selanjutnya membandingkan antara sebelum dan sesudah dilakukan proses konseling. Proses konseling pranikah melalui identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, treatment/terapi, dan yang terakhir follow up/evaluasi. Pada penelitian ini menggunakan modul sebagai panduan dalam konseling pranikah. Konseling pranikah di laksanakan sebanyak 7 kali pertemuan, di mana setiap pertemuan membahas tema yang berbeda sesuai dengan tema dalam buku panduan yang di bagikan, selain itu juga menggunakan video tentang pernikahan. Dengan konseling pranikah dapat membantu calon pasangan suami istri untuk mengetahui kemungkinan, tantangan dan permasalahan hidup dalam rumah tangga, membantu pasangan mencapai pernikahan yang sakinah, hal tersebut bisa berupa materi ataupun pengalaman orang lain. Dengan demikian calon pasangan suami istri telah memiliki bekal sebelum berumah tangga. Hasil akhir dari proses konseling terhadap konseli dalam penelitian ini dinyatakan cukup berhasil hal tersebut dapat dibuktikan dengan pernyataaan konseli di mana konseli mengaku bahwa mendapatkan banyak ilmu tentang pernikahan, bagaimana membangun rumah tangga agar terhindar dari konflik, bagaimana beradaptasi dengan keluarga pasangan, dan bagaimana membangun sebuah keluarga sakinah. Konseli telah memiliki cara tersendiri bagaimana membentuk keluarga sakinah, mawaddah,dan warohmah, dapat menentukan keputusan yang baik untuk masa depannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idayu, Hafisahafisaidayu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Nikah
Uncontrolled Keywords: Konseling pranikah; kesiapan mental; keluarga sakinah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:24
Last Modified: 30 Apr 2018 03:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item View Item