PENGARUH TEKHNIK MIND MAP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA LISA ANAK DI TK B AS-SULTHANIYAH SAMPANG MADURA

Kurniasih, Nuraini (2014) PENGARUH TEKHNIK MIND MAP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA LISA ANAK DI TK B AS-SULTHANIYAH SAMPANG MADURA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh Tekhnik Mind map terhadap peningkatan keterampilan berbahasa lisan anak di TK B As-Sulthaniyah Sampang Madura?.(2) Bagaimana Hasil dari pengaruh Tekhnik Mind Map terhadap peningkatan keterampilan berbahasa lisan anak di TK B As-Sulthaniyah Sampang Madura?
Dalam Menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk memeriksa fakta dan data mengenai pengaruh Tekhnik Mind Map terhadap peningkatan keterampilan berbahasa lisan anak di TK B As-Sulthaniyah Sampang Madura.
Adapun indikator dari masing – masing variable adalah (1) Variabel X (Tekhnik Mind Map) ialah membantu dalam hal mengingat, berbicara lancer didepan kelas, mendapatkan ide, mendapatkan nilai bagus, mengatur pikiran dan Hobi, mengetahui siapa Tuhanya dan menyebutkan makhluk ciptaan Tuhan. (2) Adapun variabel indikator Y (keterampilan berbahasa lisan anak) ialah sudah bisa mengucapkan lebih dari 2.500 kosa kata, lingkup kosa kata yang dapat diucapkan anak menyangkut warna, ukuran, bentuk, rasa, bau, keindahan, permukaan kasar dan halus, dan lain sebagainya, Anak usia 5-6 tahun sudah dapat melakukan peran sebagai pendengar yang baik, Dapat berpartisipasi dalam suatu percakapan, anak sudah dapat mendengarkan orang lain berbicara dan menanggapi pembicaraan tersebut, percakapan yang dilakukan anak seusia ini telah menyangkut berbagai komentarnya terhadap apa yang dilakukan oleh dirinya sendiri dan orang lain, serta apa yang dilihatnya dan anak seusia ini sudah dapat melakukan ekspresi diri, menulis, membaca dan bahkan berpuisi,
Subyek penelitian ini adalah di TK B As-Sulthaniyah Sampang Madura.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan beberapa metode instrument, berupa observasi terhadap per anak untuk melihat perkembangan dengan adanya tekhnik mind map sebelum dan sesudah. Adapun pengujiannya menggunakan rumus uji-T (paired sample T-test).
Langkah selanjutnya adalah melihat adanya pengaruh atau tidaknya Tekhnik Mind Map terhadap peningkatan keterampilan berbahasa lisan anak di TK B As-Sulthaniyah Sampang Madura. Dengan melihat hasil uji menunjukkan bahwa korelasi adalah 0.549> 0.008. Nilai korelasi lebih besar dari pada nilai sig. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh Tekhnik Mind Map terhadap peningkatan keterampilan berbahasa lisan anak. Adapun sejauhmana pengaruhnya adalah cukup yaitu diperoleh 54,9%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus Santoso
Uncontrolled Keywords: Tekhnik Mind Map; Keterampilan Berbahasa Lisan
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:12
Last Modified: 05 Feb 2015 04:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item