Peningkatan keterampilan menyimak materi asma’ al-Hayawanat mata pelajaran Bahasa Arab melalui media flash card berbasis powerpoint kelas III MI. H. Ruqoiyah Sepanjang Taman Sidoarjo

Hasanah, Uswatun (2018) Peningkatan keterampilan menyimak materi asma’ al-Hayawanat mata pelajaran Bahasa Arab melalui media flash card berbasis powerpoint kelas III MI. H. Ruqoiyah Sepanjang Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah_D07213043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab MI. Siswa mengeluh bahwa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit terlebih kurangnya mufrodat yang tidak diketahui. Guru sering menggunakan ceramah tanpa variasi, akhirnya siswa tidak terlihat aktif dalam kegitan pembelajaran. Untuk mengatasinya, penulis melakukan pembelajaran dengan menerapkan media flash card berbasis powerpoint yang dilakukan dalam 2 siklus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media Flash Card berbasis Powerpoint untuk meningkatkan keterampilan menyimak mata pelajaran Bahasa Arab materi asma’ al-Hayawanat dikelas III MI. H. Ruqoiyah Sepanjang Sidoarjo?; (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menyimak materi asma’ al-Hayawanat mata pelajaran Bahasa Arab media Flash Card berbasis PowerPoint dikelas III MI. H. Ruqoiyah Sepanjang Sidoarjo?. Metode penelitian ini merupakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya yaitu : (1) Penerapan media flash card berbasis powerpoint berjalan dengan baik. Terbukti dari peningkatan hasil aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I, aktivitas guru memperoleh 83.33, kemudian meningkat menjadi 91.67 pada siklus II. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 79.17 dan meningkat menjadi 89.58 pada siklus II. (2) Adanya peningkatan keterampilan menyimak siswa. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70.76 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 84.35(baik). Prosentase tingkat ketuntasan siswa yaitu 49% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 85% pada siklus II.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Taufik, Taufik
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyimak; media flash card berbasis powerpoint; materi asma’ al-Hayawanat
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hasanah Uswatun
Date Deposited: 02 May 2018 04:38
Last Modified: 02 May 2018 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24478

Actions (login required)

View Item View Item