العناصر الداخلية في رواية فتح الأندلس لجرجي زيدان: دراسة أدبية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Roviqo Citra (2018) العناصر الداخلية في رواية فتح الأندلس لجرجي زيدان: دراسة أدبية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roviqo Citra Agustina_A91214106.pdf

Download (3MB)

Abstract

George Zidan merupakan seorang sastrawan, sejarawan dan jurnalis yang berasal dari Lebanon. Nama lengkapnya George Habib Zidan, Ia lahir di Beirut pada tanggal 14 Desember 1861. Salah satu karyanya yang terkenal yakni Fathu Al-Andalus. Novel Fathu Al-Andalus menceritakan tentang perjuangan Thariq bin Ziyad dalam merebut kekuasaan wilayah Andalusia yang saat itu dipimpin oleh Raja Roderick. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis unsur-unsur intrinsik yang ada dalam novel Fathu Al-Andalus karya George Zidan yang meliputi : Tema, Tokoh penokohan, Alur, Tempat, Gaya bahasa dan Amanah. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang hasilnya berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa teks novel Fathu Al-Andalus, baik berupa dialog maupun monolog. Data tersebut diperoleh dengan penelitian kepustakaan yang terkait dengan teori unsur intrinsik dan novel Fathu Al-Andalus karya George Zidan. Hasil dari penelitian ini adalah analisis dari unsur-unsur intrinsik yang terdapat pada novel Fathu Al-Andalus karya George Zidan. Novel ini bertemakan jihad dalam menaklukan wilayah Andalusia yang dipimpin oleh raja yang dzalim. Penaklukan ini dipimpin oleh Thariq bin Ziyad beserta bangsa Arab yang dibantu oleh Alfonso dan Count Julian. Adapun tokoh utama dalam novel ini adalah: Thariq bin Ziyad, Raja Roderick, Alfonso dan Florinda. Sedangkan tokoh pembantunya adalah: Metropolit Oppas, Pope Martin, Yaqub, Count Julian, Barbarah, Sergius, Solomon, Agila dan Shintila. Alur dalam novel ini adalah alur maju, konflik yang rumit dan berakhir dengan kebahagian karena Raja Roderick yang dzalim itu dapat dikalahkan oleh bangsa Arab dan Alfonso menikah dengan Florinda. Setting tempat yang terdapat dalam novel ini adalah: istana raja, gereja agung, rumah Alfonso, Toledo, rumah Metropolit Oppas, gua, penjara, biara gunung dan perkemahan. Sedangkan setting waktu yang terjadi dalam novel ini adalah: pagi, siang, sore, malam dan 25 desember 711. Kemudian, uslub atau gaya bahasa dalam novel ini adalah: Kalam Insya’i Tholabi, Kalam Khobari, Sajak, Jinas dan Tasybih. Dalam novel Fathu Al-Andalus Karya George Zidan terdapat beberapa amanah yaitu jangan berlebihan mencintai diri sendiri, kebenaran tidak akan pernah terkalahkan dan janganlah menginginkan sesuatu kecuali dengan usaha yang sungguh-sungguh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Roviqo Citracitraagustina096@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sejarah > Islam
Sastra
Uncontrolled Keywords: Unsur Intrinsik; Fathu Al Andalus; George Zidan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Agustina Roviqo Citra
Date Deposited: 03 May 2018 06:14
Last Modified: 03 May 2018 06:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24463

Actions (login required)

View Item View Item