الصراع الاجتماعي في رواية أرض النفاق ليوسف السباعي: دراسة علم الأدب الاجتماعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Eliyana, Anisfatul (2018) الصراع الاجتماعي في رواية أرض النفاق ليوسف السباعي: دراسة علم الأدب الاجتماعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisfatul Eliyana_A01214004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Novel “Ard al-Nifaq” merupakan sebuah karya sastra Yusuf al-Sibai yang menceritakan kisah yang menarik untuk dikaji. Novel ini menggambarkan tentang kehidupan orang-orang Mesir pada tahun 1940-an yang penuh dengan kemunafikan. Berbagai konflik sosial pun telah dialami oleh orang-orang Mesir. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk menganalisis konflik sosial dalam novel “Ard al-Nifaq”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana konflik sosial yang terjadi dalam novel“Ard al-Nifaq”? (2) bagaimana bentuk konflik sosial yang terjadi dalam novel“Ard al-Nifaq”? (3) Apa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik sosial dalam novel “Ard al-Nifaq”? Berdasarkan masalah yang dianalisis, maka peneliti menggunakan teori konflik sosial Lewis Coser sebagai pisau analisisnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra. Sedangkan metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Kualitatif yaitu menginterpretasikan data-data yang sudah ditentukan, kemudian data tersebut dikualifikasikan sesuai permasalahan dalam penelitian ini. Deskriptif yaitu memaparkan atau mendeskripsikan data-data yang dihasilkan secara cermat. Hasilnya adalah 1) terdapat 17 konflik sosial yang terjadi dalam novel “Ard al-Nifaq” karya Yusuf al-Sibai; 2) terdapat 3 bentuk konflik sosial, yaitu konflik antar-individu, konflik individu dengan kelompok, dan konflik antara kelompok dengan kelompok; 3) terdapat 2 faktor yang menyebabkan terjadinya konflik tersebut, yaitu: perbedaan antar-individu dan benturan antar-kepentingan politik dan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Eliyana, Anisfatulanisfatuleliyana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sosiologi
Sastra
Uncontrolled Keywords: Konflik sosial; Ard al Nifaq
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Eliyana Anisfatul
Date Deposited: 03 May 2018 06:27
Last Modified: 03 May 2018 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24462

Actions (login required)

View Item View Item