Kepemimpinan organisasi pada organisasi santri: studi kasus pendidikan kepemimpinan organisasi pada ikatan santri Tarbiyatul Mu’allimin Al-Ismlamiyah (ISMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthofa, Khoirul (2018) Kepemimpinan organisasi pada organisasi santri: studi kasus pendidikan kepemimpinan organisasi pada ikatan santri Tarbiyatul Mu’allimin Al-Ismlamiyah (ISMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirul Musthofa_D03212046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kepemimpinan organisasi pada organisasi santri dalam membentuk karakter seorang pemimpin. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam terhadap subjek dan melakukan observasi serta dokumentasi. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil bahwa 1) Program kepemimpinan di ISMI ada program harian, mingguan, dan tahunan, 2) Implementasi kepemimpinan organisasi santri ISMI tersusun dalam dewan kepemimpinan pusat dan dewan perwakilan santri. Adapun kepemimpinan pusat terdiri dari pengurus harian, bidang syari’ah dan akhlaq, bidang bahasa, bidang disiplin, bidang kepramukaan, bidang koperasi dan wirausaha, 3) Evaluasi dilakukan setiap minggu dan pada akhir masa jabatan. Sedangkan kepemimpinan pada organisasi santri dalam membentuk karakter seorang pemimpin terletak pada aplikasi karakter yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam ranah kepemimpinan yaitu: 1) Amanah; dapat dipercaya di dalam menjalankan tanggung jawabnya, sehingga setiap tugas yang diberikan kepada para pengurus ISMI dapat dipertanggung jawabkan dengan baik. 2) Shidiq; jujur dalam melaporkan laporan pertanggung jawaban di akhir jabatan kepada seluruh anggota maupun pengasuh disertakan bukti autentiknya. 3) Tabligh; menyampaikan kebijakan-kebijakan yang membangun dalam keorganisasian dari hasil musyawarah evaluasi kinerja. 4) Fathonah; memiliki intelektualitas yang tinggi serta profesional dalam mengambil kebijakan dan mengevaluasi kinerja bawahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthofa, Khoirulkhoirulmusthofa98gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Organisasi Santri ISMI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Musthofa Khoirul
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:12
Last Modified: 24 Apr 2018 06:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24439

Actions (login required)

View Item View Item