Pesan dakwah dalam tembang lagu kesenian tayuban yang berjudul Eleng-Eleng berpengaruh terhadap pengetahuan keagamaan tentang ingatnya masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa: analisis statistik tentang seni tayuban masyarakat di Desa Pinggir Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Arifatul (2011) Pesan dakwah dalam tembang lagu kesenian tayuban yang berjudul Eleng-Eleng berpengaruh terhadap pengetahuan keagamaan tentang ingatnya masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa: analisis statistik tentang seni tayuban masyarakat di Desa Pinggir Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifatul Khoiriyah_B01207009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang ada atau tidaknya pengaruh pesan dak:wah dalam tembang lagu kesenian tayuban yang berjudul "Eleng-eleng" dalam tradisi kesenian tayuban terhadap pengetahuan keagamaan tentang ingatnya masyarakat desa Pinggir kecamatan Lengkong kabupaten Nganjuk kepada Tuhan yang Maha Esa dan seberapa besar pengaruh pesan dak:wah dalam tembang lagu kesenian tayuban yang berjudul "Eleng-eleng" dalam tradisi kesenian tayuban terhadap pengetahuan keagamaan tentang ingatnya masyarakat desa Pinggir kecamatan Lengkong kabupaten Nganjuk kepada Tuhan yang Maha Esa. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian analisis kuantitatif . Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner baik untuk variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), dengan mengambil sampel sebanyak 31 orang. Setelah data terkumpul dan dihitung, kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus Chi Kwadrat (X2). Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa hipotesis kerja diterima, yang berarti ada pengaruh pesan dakwah dalam tembang lagu kesenian tayuban yang berjudul "Eleng-eleng" dalam tradisi kesenian tayuban terhadap pengetahuan keagamaan tentang ingatnya masyarakat desa Pinggir kecamatan Lengkong kabupaten Nganjuk kepada Tuhan yang Maha Esa. Sedangkan derajat pengaruhnya sebesar 8,6ipada taraf signifikasi 5% diperoleh Xlmbel 3,84, sehingga 8,61 > 3,84 dan berada pada kriteria 0,40- 0,70 yang berarti babwa antara variabel x dan variabel y ada korelasi yang sedang atau cukupan. Dalam hal ini, peneliti berharap kepada para peneliti selanjutnya untuk memperdalam lagi tentang penelitian ini, khususnya memperdalam pengetahuan yang selain dari rumusan masalah yang sudah peneliti maksud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, ArifatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesenian
Masyarakat
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; tembang lagu; kesenian tayuban; pengetahuan keagamaan; masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:17
Last Modified: 24 Apr 2018 03:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

View Item View Item