Transformasi pendidikan islam dalam mewujudkan moralitas santri kepulauan: studi multi kasus Pondok Pesantren di Kepulauan Sapeken Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasin, Fauzan Akbari (2018) Transformasi pendidikan islam dalam mewujudkan moralitas santri kepulauan: studi multi kasus Pondok Pesantren di Kepulauan Sapeken Kabupaten Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fauzan Akbari Yasin_F03214015.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Transformasi pendidikan berada di tengah-tengah masyarakat yang terus-menerus mengalami perubahan. Perubahan pada masyarakat terjadi secara berkesinambungan dan berjalan relatif cepat, penelitian ini akan menjawab pertama, Bagaimana transformasi pendidikan Islam di kepulauan dalam mewujudkan moralitas di kepulauan sepeken kabupaten Sumenep, kedua, keberhasilan implementasi transfomasi pendidikan Islam di pondok pesantren kepulauan sapeken kabupaten Sumenep?, ketiga, kendala yang dihadapi para santri kepulauan dalam mewujudkan moralitas di kepulauan Sapeken
Penelitian ini digolongkan pada penelitian kualitatif, penelitian studi multikasus adalah salah satu metode penelitian ilmu-ilmu sosial. Selain studi kasus masih ada yang lain seperti survei,historis,dan análisis informasi yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, metode pengumpulan datanya menggunakan: metode observasi, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini pertama, Transformasi pendidikan Islam dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan diantaranya: a)transformasi pendidikan Islam dapat mempegaruhi pendidikan Islamsiswa untuk pendekatan kepada Allah dengan cara sholat malam berjamaah dan do’a dapat menjadikan siswa-siswa di pondok memiliki moral,sopan,kemitmen,loyalias yang tinggih, b) Transformasi (perubahan) pendidikan Islam dengan pendekatan keimanan,ketaqwaan, pengajian pendidikan Islam tentang komitmen seorang siswa yang baik dan beradap, c)Pendalaman pendidikan Islam agar siswa lebih mengenal apa arti pendidikan Islam dalam sehari-hari; Kedua, 2.Keberhasilan transformasi pendidikan Islam dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan sapeken. a) Pendidik memiliki kamitmen dan loyalitas tinggi serta kepatuhan bersahaja terhadap pondok dan madrasah untuk menjadikan santri yang berpendidikan Islam dan menambah ilmu pengetahuan, b)transformasi Pendidikan Islam lebih mendekatkan dirinya kepada Allah agar sebagai suri tauladan bagi siswa c) Dengan adanya loyalitas dan perhatian pendidik agar santri menjadikan baik dan berakhlakul karimah; Ketiga, Kendala yang dihadapi oleh pendidik dalam mewujudkan moralitas siswa kepulauan sapeken sumenep yaitu rasa yang masih menjanggal pada diri setiap pendidik, sehingga peran transformasi pendidikan Islam untuk mengubah santri bisa mewujudkan santri yang moralitas lebih di tingkatkan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasin, Fauzan AkbariUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Transformasi; Pendidikan Islam; Moralitas
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yasin Fauzan Akbari
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:22
Last Modified: 24 Apr 2018 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24414

Actions (login required)

View Item View Item