Kejenuhan belajar pada siswa di sekolah dasar full day school

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Moh Agus (2018) Kejenuhan belajar pada siswa di sekolah dasar full day school. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh Agus Rohman_B07212059.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aspek-aspek kejenuhan belajar dan menggali faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kejenuhan belajar pada siswa yang sekolah full day school. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi Fenomenologis. Ketiga informan penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD di Surabaya dan ketiganya berjenis kelamin laki-laki. Subjek pertama berumur 11 tahun, subjek kedua berumur 10 tahun dan subjek ketiga berumur 11 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kejenuhan belajar, yakni kelelahan emosi yang menunjukkan ketiga subjek mengalami indikasi bosan, mudah tersinggung dan gampang marah. Begitu pula pada aspek kelelahan fisik, dimana para subjek yang nampak mengalami kelelahan fisik diindikasikan dengan gelisah dan rasa lapar. Dan kelelahan mental. Subjek yang selalu menghindar dari tugas guru. Hal itu menggambarkan subjek mengalami kelelahan mental. Sedangkan yang terakhir yaitu kehilangan motivasi. Subjek yang memiliki sifat kurang percaya diri dapat menunjukkan bahwa subjek mengalami kehilangan motivasi. Faktor-faktor yang menyebabkan mereka mengalami kejenuhan belajar adalah waktu yang lama, lingkunagn buruk, lingkungan baik, konflik, dan tidak adanya umpan balik positif terhadap belajar. Kelima faktor tersebut membuat subjek mengalami kejenuhan belajar. Terkecuali pada faktor lingkungan buruk dan lingkungan baik terdapat dua dianatara subjek yang tidak sesuai dengan teori yang ada. Selain itu kelima faktor tersebut membuat subjek mengalami kejenuhan belajar pada saat mengikuti jam akhir pelajaran. Sehingga membuat subjek tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Moh Agusmoh.agusrohman@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan belajar; siswa, full day school
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rohman Moh Agus
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:21
Last Modified: 24 Apr 2018 06:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24406

Actions (login required)

View Item View Item