Analisis strategi pemasaran aplikasi BNI Mobile Banking di Bank BNI Syariah KCP Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robby, Anggun Syaputri Intani (2018) Analisis strategi pemasaran aplikasi BNI Mobile Banking di Bank BNI Syariah KCP Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anggun Syaputri Intani Robby_G74214083.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan bank BNI Syariah KCP Gresik untuk meningkatkan nasabah Pengguna aplikasi BNI Mobile Banking di BNI Syariah KCP Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data yang digunakan berasal dari hasil wawancara dengan sub branch manajer, customer service, marketing funding, teller dan nasabah di bank BNI Syariah KCP Gresik, serta berasal dari dokumentasi laporan bulanan dari customer service. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dengan menyajikan data yang diperoleh dari wawancara yang telah dilakukan dan kemudian dicocokan dengan data literatur lalu diuraikan dengan bahasa yang mudah dipahami kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukann oleh bank BNI Syariah pada aplikasi BNI Mobile Banking dilakukan dengan cara: a) menentukan segmentasi, target, dan posisi b) menyusun bauran pemasaran dari 4 unsur yaitu produk yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, hargayang terjangkau dan sesuai dengan pasaran pada umunya, tempat kantor yangmudah dijangkau, dan promosi melalui media sosial facebook dan instagram, personal selling melalui customer service dan marketing funding, serta promosi melalui oopen table. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank BNI Syariah KCP Gresik pada aplikasi BNI Mobile banking, sudah memenuhi konsep dan prinsip strategi pemasaran pada umumnya dan mereka mengapliaksinnya dengan baik, namun ada beberapa hal yang perlu dibenahi dalam strategi pemasaran mereka khususnya dalam hal promosi aplikasi ini dengan cara memberi informasi secara detail apa saja fitur dan kelebihan serta keuntungan apa saja yang akan nasabah dapat apabila menggunakan aplikasi ini, pemberian informasi ini alangkah baiknya juga disertai dengan pengenalan khusus mengenai fitur yang berhubungan dengan produk tabungan atau pembiayaan yang dimiliki nasabah. Dari hasil ini bank BNI Syariah KCP Gresik diharapkan dapat menggencarkan promosi terutama melalui media sosial dan personal selling, lebih baik lagi apabila pimpinan cabang tidak hanya membebankan tugas promosi kepada customer service karena mengingat tujuan ini ialah harapan perusahaan secara keseluruhan yang nantinya akan berdampak pada pegawai yang lain, karena apabila semakin banyak nasabah yang sadar akan pentingnya aplikasi ini maka akan membantu efektifitas kegiatan teller pula. Pada penelitian berikutnya yang mengangkat topik yang sama diharapkan akan mampu melengkapi segala kekurangan dari data penelitian ini sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pembaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robby, Anggun Syaputri Intanianggunsyaputri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Pemasaran
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; mobile banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Robby Anggun Syaputri Intani
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:47
Last Modified: 24 Apr 2018 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24400

Actions (login required)

View Item View Item