Peningkatan pemahaman dalam pembelajaran Tematik tema Cita-Citaku dengan menggunakan media Boneka Tangan pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo

Purwanti, Yuni (2018) Peningkatan pemahaman dalam pembelajaran Tematik tema Cita-Citaku dengan menggunakan media Boneka Tangan pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yuni purwanti_D77214052.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya pemahaman dalam pembelajaran tematik tema cita-citaku, materi menentukan isi dan amanat puisi serta daur hidup hewan pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo. Hal tersebut disebabkan guru kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran tematik tema cita-citaku. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media boneka tangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana penggunaan media Boneka Tangan untuk meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran tematik tema Cita-citaku, materi menentukan isi dan amanat puisi serta daur hidup hewan pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo?, 2) Bagaimana peningkatan pemahaman dalam pembelajaran tematik tema Cita-citaku, materi menentukan isi dan amanat puisi serta daur hidup hewan dengan menggunakan Boneka Tangan pada peserta didik kelas IV MI Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo? Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kurt Lewin, yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun cara pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penggunaan media boneka tangan dalam penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 75,89 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,64. Sedangkan hasil observasi peserta didik pada siklus I yaitu, 71,15 kemudian meningkat menjadi 94,23 pada siklus II. Peningkatan pemahaman peserta didik dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata dan prosesntase ketuntasan pemahaman peserta didik yang mengalami peningkatan dari pra siklus 63,11 meingkat menjadi 85 pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 93,76. Sedangkan prosesntase ketuntasan pemahaman diperoleh hasil dari pra siklus 30,76% meningkat pada siklus I menjadi 76,92% dan kembali mengalami peningkatan 92,30% pada siklus II.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Munawir, Munawir
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku; Media Boneka Tangan
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Purwanti Yuni
Date Deposited: 15 May 2018 05:07
Last Modified: 15 May 2018 05:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24389

Actions (login required)

View Item View Item