Analisis program pelatihan Manajemen Masjid: studi di Masjid Al Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rufianto, Eric Dwi (2018) Analisis program pelatihan Manajemen Masjid: studi di Masjid Al Akbar Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Eric Dwi Rufianto_F02916179.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SDM merupakan salah satu aset utama dalam mengembangkan organisasi. Kunci keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuan adalah mempunyai sdm yang memiliki kompetensi unggul. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja sumber daya manusia adalah dengan menyelenggarakan pelatihan sesuai kompetensi yang dibutuhkan di dalam mengelola organisasinya. Pada organisasi dakwah, manajemen pelatihan kompetensi Da’i merupakan hal yang lumrah diselenggarakan oleh lembaga masjid/ organisasi dakwah. Lain halnya dengan manajemen pelatihan kompetensi pengelolaan masjid yang cenderung tidak dikaji jarang ditemukan, padahal fungsinya memiliki peran sentral dalam pengembangan kemakmuran masjid. Dalam penelitian ini akan dianalisis mengenai efektivitas dan keberhasilan program pelatihan manajemen masjid yang diselenggarakan oleh masjid al-Akbar Surabaya.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah program pelatihan yang diselenggarakan masjid al-Akbar telah berjalan dengan baik dan efektif dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rufianto, Eric DwiEricrufianto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Manajemen Dakwah
Masjid
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Manajemen Masjid
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Rufianto Eric Dwi
Date Deposited: 24 Apr 2018 06:35
Last Modified: 24 Apr 2018 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24381

Actions (login required)

View Item View Item