Implementasi pendidikan karakter pada OSIS SMP Negeri 1 Karangbinangun Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Abdullah (2018) Implementasi pendidikan karakter pada OSIS SMP Negeri 1 Karangbinangun Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah_D73214020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada OSIS SMP Negeri 1 Karangbinangun Lamongan meliputi, pelaksanaan pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang diberikan kepada siswa anggota OSIS, dan evaluasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembina OSIS dan Kepala Urusan kesiswaan sebagai informan kunci serta kepala sekolah dan siswa pengurus OSIS sebagai informan pendukung. Objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter pada OSIS SMP Negeri 1 Karangbinangun Lamongan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Hasil peneltian menunjukan bahwa : (1) Pelaksanaan pendidikan karakter pada OSIS SMP Negeri 1 Karangbinangun Lamongan dilakukan dengan cara pembina OSIS membimbing para siswa anggota OSIS melakukan penanaman nilai-nilai terpuji melalui berbagai macam kegiatan OSIS baik kegiatan rutinan maupun kegiatan yang sifatnya insidental, Untuk implementasinya tidak di fokuskan pada satu kegiatan OSIS saja, melainkan disisipkan dalam setiap kegiatan yang di programkan oleh pembina OSIS, (2) adapun nilai-nilai karakter yang bisa di tanamkan kepada siswa anggota OSIS adalah karakter kepemimpinan, toleransi, nasionalis, jujur, disiplin, aktif, percaya diri, kreatif dan inovatif, mandiri, bertanggung jawab dan demokratis, (3) evaluasi yang dilakukan oleh pembina OSIS SMP Negeri 1 Karangbinanangun Lamongan untuk melihat keberhasilan pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan OSIS bersifat observatif yaitu mengamati tingkah laku dan sikap keseharian siswa dalam bersosialisasi baik dengan sesama teman-temanya maupun dengan guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Abdullahzackyabby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; OSIS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdullah Abdullah
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:57
Last Modified: 23 Apr 2018 06:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24365

Actions (login required)

View Item View Item