Manajemen penjaminan mutu internal tenaga pendidik dan kependidikan: studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mala Nuryahya, Eka (2018) Manajemen penjaminan mutu internal tenaga pendidik dan kependidikan: studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Eka Mala Nuryahya_D93214071.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Penjaminan Mutu Internal Tenaga Pendidik dan Kependidikan (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Hikmah Surabaya). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen penjaminan mutu internal tenaga pendidik dan kependidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyebutkan bahwa Manajemen Penjaminan Mutu Internal Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMP Al Hikmah surabaya sudah tertata dengan baik. Pada tahap perencanaan, tersedia berbagai pedoman tertulis untuk dijadikan acuan dalam pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan seluruh civitas akademik melaksanakan dalam enam koordinasi dan pembinaan lainnya dengan baik. Selanjutnya evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan tim penjaminan mutu internal, melalui supervisi dan audit internal. Dan untuk rekomondasi sekolah menemukan program baru dengan masalah yang bersumber dari hasil evaluasi. Faktor yang mendukung semua civitas akademik mempunyai komitemn yang sama bahawasannya kalau manajemen penjaminan mutu sudah menjadi sistem di SMP Al Hikmah maka semuanya harus memiliki komitmen yang sama untuk mendukung terlaksananya manajemen penjaminann mutu. Sedangkan faktor yang penghambat dalam penjaminan mutu internal tenaga pendidik dan kependidikan adalah pelaksanaan tugas oleh tim penjaminan mutu terhambat. Karena, disamping menjadi guru disisi lain juga mempunyai kewajiban untuk memonitoring dan evaluasi untuk terlaksananya penjaminan mutu internal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mala Nuryahya, Ekaekamala.nuryahya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen; Penjaminan Mutu Internal; Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nuryahya Eka Mala
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:31
Last Modified: 23 Apr 2018 04:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24359

Actions (login required)

View Item View Item