Implementasi kepemimpinan transformatif kepala madrasah: studi kasus di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maislatul, Brian (2018) Implementasi kepemimpinan transformatif kepala madrasah: studi kasus di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Brian Maislatul_D93213077.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah Bagaimana implementasi kepemimpinan transformatif kepala madrasah dan bagaimana karakteristik kepemimpinan transformatif kepala madrasah di MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian kualitatif, dan dianalisa dengan pendekatan analisis deskriptif yakni menggambarkan dan menginterpretasikan arti data yang terkumpul dalam sebuah predikat yang menunjuk pada pernyataan keadaan atau pelaksanaan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan kepemimpinan transformatif kepala madrasah sudah berjalan dengan cukup baik, hanya saja belum sempurna. Hal ini dapat dilihat dari kepala madrasah yang dapat dijadikan teladan oleh guru dan staf, dan kepala madrasah dapat mengajarkan kepada guru dan staf untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswa dan orang tua. Berikut rekomendasi yang dapat diberikan agar implementasi kepemimpinan transformatif kepala madrasah di madrasah dapat berjalan maksimal. Pertama, hendaknya kepala madrasah mampu memberikan perhatian kepada guru dan staf sehingga kendala yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik. Kedua, kepala madrasah seharusnya mampu memberikan motivasi kepada guru dan staf untuk dapat bekerja secara optimal melalui perilaku yang dicontohkan, bukan hanya melalui perkataan saja. Ketiga, kepala madrasah diharapkan untuk lebih mampu mengatur waktu agar pelaksanaan komunikasi secara langsung dengan guru dan staf dapat lebih berjalan maksimal. Keempat, kepala madrasah seharusnya sebagai pemimpin dapat tegas dalam menjalankan peraturan dan memberikan sanksi atau hukuman kepada guru maupun staf yang melanggar peraturan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maislatul, BrianBryaneastwood86@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan; Transformatif; Kepala Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maislatul Brian
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:16
Last Modified: 23 Apr 2018 06:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item