Strategi pengelolaan Surabaya kota literasi melalui revitalisasi perpustakaan: studi kasus di SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalina, Nihla (2018) Strategi pengelolaan Surabaya kota literasi melalui revitalisasi perpustakaan: studi kasus di SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nihla Amalina _ D03214013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Pengelolaan Surabaya Kota Literasi melalui Revitalisasi Perpustakaan (Studi Kasus di SMP Negeri 26 Surabaya). Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai strategi pengelolaan Surabaya Kota Literasi melalui revitalisasi perpustakaan. Pendekaatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan, kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa dalam pengelolaan Surabaya Kota Literasi, SMPN 26 Surabaya telah melaksanakan dengan baik. Pada tahap perencanaan, sekolah menggunakan panduan PERDA dan PERWALI sebagai landasan. Pada tahap pengorganisasian, terdapat pembentukan struktur organisasi perpustakaan, Duta Literasi, dan Lybkids beserta tugas-tugasnya. Pada tahap pelaksanaan, seluruh elemen sekolah melaksanakan strategi yang telah diciptakan berupa program sudut baca, 15 menit membaca, Reading together dan meresume, Donor buku, Tantangan membaca Surabaya (TMS), RPP integrasi literasi, Revitalisasi perpustakaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa SMPN 26 Surabaya telah melaksanakan salah satu strategi dari program Surabaya Kota Literasi, yakni revitalisasi perpustakaan dengan baik dan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Kegiatan revitalisasi perpustakaan dilaksanakan dalam bentuk revitalisasi fisik, revitalisasi administrasi, dan revitalisasi SDM. Pada kegiatan revitalisasi fisik, implementasinya dengan adanya penambahan ruang, penataan ruang, serta renovasi sudut baca dan mading kelas. Pada kegiatan revitalisasi administrasi, implementasinya melalui sistem online yakni dengan menggunakan aplikasi SIPUS dan e-TBM. Sedangkan pada tahap revitalisasi SDM, implementasinya adalah dengan mengikuti pelatihan dan seminar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalina, Nihlanihlamalina@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi; Surabaya Kota Literasi; Revitalisasi Perpustakaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amalina Nihla
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:41
Last Modified: 23 Apr 2018 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24353

Actions (login required)

View Item View Item