Iklan politik dan dakwah: studi analisis wacana iklan poster para caleg partai politik berbasis Islam Kota Surabaya pada pemilu legislatif 2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Allam, Mochammad Miftahul (2009) Iklan politik dan dakwah: studi analisis wacana iklan poster para caleg partai politik berbasis Islam Kota Surabaya pada pemilu legislatif 2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Miftahul Allam_B01205049.pdf

Download (864kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian yang mengkaji iklan poster partai politik yang bersinggungan dengan kegiatan dakwah. Dan penelitian ini berangkat dari dua persoalan, yaitu:1) Apakah iklan poster partai politik berbasis Islam di kota Surabaya pada pemilu legislatif 2009 dapat dikategorikan sebagai pesan dakwah?. Dan kedua adalah, 2) pesan apa yang terdapat pada iklan poster partai politik berbasis Islam di kota Surabaya pada pemilu legislatif 2009. Dalam peneltian ini, peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Serta peneliti menggunakan metode analisis wacana milik Teun A. Van Dijk dalam menganalisis wacana dalam pesan iklan poster. Dalam tehnik pengumpulan data, penulis melakukan observasi dan dokumentasi iklan poster partai politik berbasis Islam yang dirasa memiliki keterkaitan dalam penelitian ini. Kemudian data yang terkumpul dan berupa poster tersebut difoto dan selanjutnya ditulis kembali ke dalam bentuk teks. Dalam menganalisis teks, peneliti mengkaji dengan menggunakan enam elemen pendekatan. Yakni tematik, skematik, semantik, sintaksis, stalistik dan terakhir retoris. Dari hasil penelitian ini, Dapat diambil kesimpulan bahwa dalam pesan iklan politik poster Caleg partai politik berbasis Islam kota Surabaya pada pemilu 2009, di dalamnya mengandung sebuah pesan dakwah. Sedangkan pesan yang terdapat pada iklan poster para Caleg partai berbasis Islam sangat beragam. Mulai dari pesan akhlak hingga pesan seputar keimanan yang bisa termasuk bagian dari pesan dakwah. Penelitian ini pada akhirnya hanya sampai pada usaha untuk menganalisis pesan teks yang terdapat pada iklan poster para Caleg Partai berbasis Islam kota Surabaya pada pemilu 2009. Harapan kedepan, setelah penelitian ini usai adalah adanya peneliti lain yang berniat untuk meneliti fenomena iklan politik para Caleg yang mencantumkan pesan dakwah hingga sampai pada latar belakang atau motif dari para Caleg yang bersangkutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Allam, Mochammad MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Iklan
Partai Politik
Pemilihan Umum
Uncontrolled Keywords: Iklan politik; dakwah; poster; pemilu legislatif 2009
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2018 02:29
Last Modified: 23 Apr 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24346

Actions (login required)

View Item View Item