Pesantren dan Pendidikan Karakter Bangsa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholis, Nur (2012) Pesantren dan Pendidikan Karakter Bangsa. In: Seminar Nasional Pesantren dan Pendidikan Karakter Bangsa, 28 April 2012, Bojonegoro. (Unpublished)

[img] Text
Pesantren dan pendidikan karakter bangsa (NK2012).pdf

Download (173kB)

Abstract

Kajian tentang pesantren sampai sekarang masih menjadi topik aktual pada acara seminar nasional maupun lokal. Penelitian juga banyak mengungkap rahasia lembaga pendidikan ini: mulai era kolonial sampai era reformasi. Sebagian kajian dan penelitian terfokus pada penggambaran sistem pesantren dan sebagian lain mengarah pada pengembangan pesantren. Terlepas dari tumpukan kajian tentang pesantren, nampaknya orang masih rela mencurahkan waktunya untuk berkonsentrasi memikirkan pesantren. Ini wajar karena secara sosio-edukasional, banyak sekali masyarakat Muslim di Indonesia, dengan kadar tertentu, pernah hidup di pesantren. Seminar kali ini juga bermaksud untuk melihat pesantren dari sisi yang belum diketahui. Makalah ini ditulis untuk mengkaji ulang, menambah wawasan, dan menatap prospek masa depan pesantren dalam konteks pendidikan karakter bangsa: bangsa yang bermartabat! Pertanyaan sentralnya adalah siap-tidaknya pesantren dalam menghadapi tantangan kekinian dan sekaligus menjadi garda moralitas bangsa?

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pesantren
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Kholis
Date Deposited: 23 Apr 2018 05:10
Last Modified: 23 Apr 2018 05:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24343

Actions (login required)

View Item View Item