تطوير مادة تدريبات مهارة القراءة لطلاب المستوى الرابع الجامعي: بحث تطويري في جامعة علي بن أبي طالب الإسلامية بسورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basid, Abdul (2017) تطوير مادة تدريبات مهارة القراءة لطلاب المستوى الرابع الجامعي: بحث تطويري في جامعة علي بن أبي طالب الإسلامية بسورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Basid_F16213230.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ada banyak problem dalam proses belajar mengajar di Jurusan Pendidikan Bahas Arab di Stai Ali Bi Abi Thalib Surabaya, terutama dalam pembelajaran ketrampilan membaca. Diantara problem tersebut adalah lemahnya mahasiswa dalam memahami teks-teks bacaan bahasa arab yang ada dalam buku ajar. Untuk mengatasi masalah ini penulis menyusun buku pendamping agar meningkatkan ketrampilan mambaca bagi mahasiswa. Dengan buku pendamping tersebut diharapkan mahasiswa mampu memahami teks-teks bacaan bahasa arab dengan baik dan benar. Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa buku pendamping (LKS) sekaligus menguji efektifitas produk tersebut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Setelah peneliti menyusun buku pendamping (LKS), melakukan uji coba dan menganalisa seuruh data, peneliti mendapatkan kesimpulan; 1) buku pendamping yang berupa LKS mendapatkan nilai dari pakar ahli sebesar 84 %, hal ini memberikan makna bahwa buku pendamping (LKS) tersebut layak digunakan pembelajaran. 2) Buku pendamping (LKS) tersebut sangat efektif untuk meningkatkan ketrampilan membaca bagi mahasiswa, hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan sesuai dengan hasil perhitungan rumus “t” berikut: 2,13<5,38>2,95 Perhitungan tersebut diperkuat dengan hasil analisa angket dan wawancara yang memiliki kesimpulan yang sama dengan analisa nilai hasil tes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basid, Abdulubaisith@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pengembangan latihan; keterampilan membaca
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Basid Abdul
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:27
Last Modified: 23 Apr 2018 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24341

Actions (login required)

View Item View Item