Strategi penanganan pembiayaan bermasalah produk Multiguna tanpa agunan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izza, Aqidatul (2018) Strategi penanganan pembiayaan bermasalah produk Multiguna tanpa agunan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aqidatul Izza_G94214132.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi penanganan yang diterapkan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tanggulangin Sidoarjo pada pembiayaan bermasalah pada produk Multiguna Tanpa Agunan. Metode penelitian adalah Kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara kepada Direktur I, kepala cabang pembantu, para pegawai, dan anggota pembiayaan yang bermasalah. Observasi dilakukan dengan pengamati bagaimana pihak BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tanggulangin Sidoarjo melakukan penagihan kepada anggota yang bermasalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pembiayaan pada produk Multiguna Tanpa Agunan sudah sesuai dengan ketentuan umum yang berlaku, dimana pemohon menyerahkan berbagai persyaratan dan mengisi formulir pengajuan pembiayaan kepada pihak BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tanggulangin Sidoarjo. Dokumen tersebut akan dilakukan analisa dan survey guna mengetahui keabsahan dari dokumen tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan bermasalah disebabkan oleh kurangnya i’tikad baik anggota, anggota mengalami musibah, dan kurangnya tingkat ketelitian dari pihak internal. Adapun strategi yang diterapkan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tanggulangin Sidoarjo terhadap pembiayaan bermasalah pada produk Multiguna Tanpa Agunan adalah melakukan analisa 5C terhadap pengajuan anggota dan menerapkan sistem penyelamatan terhadap pembiayaan bermasalah berupa reschedulling, dan reconditioning. Melalui strategi tersebut, BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tanggulangin Sidoarjo dapat meminimalisir kerugian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan supaya pihak BMT UGT Sidogiri lebih teliti terhadap analisa anggota dan strategi penanganan pembiayaan dapat dilaksanakan dengan maksimal dan sedini mungkin untuk menghindari pembiayaan bermasalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izza, Aqidatulaqidatulizza1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Keuangan Islam
Keywords: Pembiayaan Bermasalah; Multiguna Tanpa Agunan; Prinsip 5C; Reschedulling; Reconditioning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Izza Aqidatul
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:13
Last Modified: 23 Apr 2018 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24319

Actions (login required)

View Item View Item