Strategi pengembangan usaha Toko Pulau Biru Surabaya menggunakan asset based community development

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, M. Syahrul (2018) Strategi pengembangan usaha Toko Pulau Biru Surabaya menggunakan asset based community development. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Syahrul Ardiansyah_G93214033.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian action research yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang apa saja aset yang dimiliki oleh toko Pulau Biru dan bagaimana implementasi strategi pengembangan berbasis aset yang dilakukan oleh toko Pulau Biru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Asset Based Community Development. Pendekatan berbasis aset adalah pendekatan yang mengarah pada pemahaman dan internalisasi aset, kekuatan, potensi, dan pendayagunaan secara mandiri dan maksimal. Pengumpulan data dilakukan dengan appreciative inquiry, pemetaan aset, sirkulasi keuangan, dan penelusuran wilayah (transect) yang di dalamnya menggunakan wawancara dengan subyek pendampingan. Subyek Pendampingan dalam penelitian ini adalah Eko Waluyo (pemilik toko), ibu Nurhayati, dan ibu Mujianik (ibu kandung dan istri pemilik toko yang bertugas menjaga toko). Hasil penelitian yang diperoleh adalah aset-aset yang dimiliki oleh toko pulau biru berdasarkan hasil pemetaan fasilitator ada beberapa macam. Aset-aset tersebut adalah aset individu, aset sosial, aset institusi, aset fisik, aset spiritual, budaya, aset keuangan, dan aset wilayah. Ada empat strategi pengembangan yang dilakukan oleh toko Pulau Biru. Pertama, melakukan penataan ulang letak beberapa aset dan item produk toko. Kedua, mengadopsi pelayanan yang diterapkan oleh kompetitor. Ketiga, melakukan promosi dengan media tulis/cetak pada relasi sosial yang dimiliki. Keempat, melakukan promosi dengan media online menggunakan smartphone pada grup-grup sosial media yang dimiliki. Keempat strategi tersebut dilakukan kurang lebih selama satu bulan sejak tanggal 15 Februari 2018. Saran yang dapat diberikan oleh fasilitator kepada pihak toko kelontong adalah sebaiknya subyek pendampingan mempertahankan apa yang sudah dilakukan selama masa pendampingan. Selanjutnya adalah agar pak Eko Waluyo segera fokus kembali untuk mengelola toko yang ia miliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, M. Syahrulsyahrulardiansyah055@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Ritel; Strategi pengembang; Toko Kelontong; Asset Based Community Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Ardiansyah M. Syahrul
Date Deposited: 23 Apr 2018 08:30
Last Modified: 23 Apr 2018 08:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24311

Actions (login required)

View Item View Item