Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik tentang penyajian laporan keuangan guna membangun akuntabilitas usaha Mikro Kecil dan Menengah: studi kasus Kafe Dalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shidiq, Ahmad Syirojuddin (2018) Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik tentang penyajian laporan keuangan guna membangun akuntabilitas usaha Mikro Kecil dan Menengah: studi kasus Kafe Dalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Syirojuddin Shidiq_G92214026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana penyajian laporan keuangan Kafe Dalan dalam rangka membangun akuntabilitas usaha? Dan apa saja kendala yang dialami Kafe Dalan dalam menyajikan laporan keuangan yang sesuai SAK ETAP? Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan beberapa informan, yakni pemilik dan karyawan Kafe Dalan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, sehingga memperoleh gambaran mengenai objek secara faktual, akurat, dan sistematis. Hasil penelitian ini adalah dalam penyajian laporan keuangan, Kafe Dalan hanya membuat Laporan Laba Rugi yang sederhana disetiap bulan. Kafe Dalan belum memperhatikan tentang kriteria pengakuan aset, kewajiban, penghasilan, dan beban. Kafe Dalan belum memperhatikan tingkat materialitas transaksi. Kafe Dalan belum menyajikan Laporan Keuangan secara lengkap sehingga belum dapat diidntifikasi lebih lanjut. Kendala yang dialami Kafe Dalan dalam menyajikan laporan keuangan sesuai SAK ETAP adalah SDM yang belum memadai, karyawan fokus melayani pelanggan, belum ada pemisahan rekening, tidak adanya dokumen pelengkap yang dapat memudahkan untuk mengontrol kegiatan usaha dan menyusun laporan keuangan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyusunan laporan keuangan Kafe Dalan belum sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam SAK ETAP dikarenakan beberapa kendala, yakni SDM, karyawan fokus melayani pelanggan, pemisahan rekening, dan dokumen pelengkap yang dapat memudahkan untuk mengontrol kegiatan usaha dan menyusun laporan keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shidiq, Ahmad Syirojuddina.syirojuddin.sh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Keuangan
Uncontrolled Keywords: SAK ETAP; Akuntabilitas; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Shidiq Ahmad Syirojuddin
Date Deposited: 20 Apr 2018 07:17
Last Modified: 20 Apr 2018 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24293

Actions (login required)

View Item View Item