Komitmen religius muallaf yang mengikuti Program Pembinaan Muallaf di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya: ditinjau dari Teori Religious Commitment Stark & Glock

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prihartanto, Lucky (2018) Komitmen religius muallaf yang mengikuti Program Pembinaan Muallaf di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya: ditinjau dari Teori Religious Commitment Stark & Glock. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lucky Prihartanto_F02916187.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masjid Nasional Al Akbar sebagai salah satu masjid di Kota Surabaya yang memiliki program pembinaan muallaf. Program pembinaan muallaf sudah berjalan sejak tahun 2000, namun sampai saat ini tidak diketahui bagaimana kondisi para muallaf yang mengikuti program pembinaan muallaf. Sehingga belum ada proses pengecekan terhadap efek dakwah yang dihasilkan dari program pembinaan muallaf. Teori religious commitment yang disampaikan oleh Stark & Glock dapat dijadikan sebagai pendekatan untuk memahami efek dakwah dari suatu program dakwah. Teori religious commitment berusaha untuk mengetahui kondisi religiusitas dari seseorang yang meliputi dimensi pengetahuan, dimensi perasaan, dimensi keyakinan, dimensi ritual dan dimensi pengamalan dari agama yang dianutnya. Rumusan masalah yang hendak dijawab dari penelitian ini adalah bagaimana kondisi komitmen religiusitas muallaf yang mengikuti program pembinaan muallaf di Masjid Nasional Al Akbar berdasarkan pada teori religious commitment Stark & Glock. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi komitmen religius dari muallaf yang mengikuti program pembinaan muallaf di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pencarian data menggunakan teknik observasi pasif dan wawancara mendalam, serta menelusuri dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada narasumber 1 dimensi pengetahuan, dimensi perasaan dan dimensi keyakinan menunjukkan kondisi yang baik, sedangkan dimensi ritual dan dimensi pengamalan belum dilaksanakan. Pada narasumber 2 dimensi pengetahuan tidak terjelaskan dengan baik, sedangkan pada dimensi perasaan, dimensi keyakinan, dimensi ritual dan dimensi pengamalan menunjukkan kondisi yang sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prihartanto, Luckynight.fury.lucky@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Manajemen Dakwah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Komitmen; religius; komitmen religius dalam Islam; muallaf; program pembinaan muallaf; Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Prihartanto Lucky
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:33
Last Modified: 23 Apr 2018 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24285

Actions (login required)

View Item View Item