Pengaruh pemberian ekstrak daging buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera) dengan beberapa dosis terhadap hitung jenis Leukosit Mencit (Mus musculus) bunting

Nafiah, Farihatun (2018) Pengaruh pemberian ekstrak daging buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera) dengan beberapa dosis terhadap hitung jenis Leukosit Mencit (Mus musculus) bunting. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Farihatun Nafiah_H91214023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh ekstrak daging buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera) terhadap hitung jenis leukosit dari 24 ekor mencit (Mus musculus) bunting. Berdasarkan dosis pemberian ekstrak maka dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni kelompok I (kelompok kontrol), kelompok II (3 kurma yang dikonversi ke dalam dosis 3,12 mg/kg BB mencit), kelompok III (5 kurma yang dikonversi ke dalam dosis 5, 2 mg/kg BB mencit), dan kelompok IV (7 kurma yang dikonversi ke dalam dosis 7, 28 mg/kg BB mencit). Pemberian ekstrak dilakukan setelah kebuntingan hari ke 14 sampai 18 melalui peroral. Pada hari ke 19 setelah kebuntingan, dilakukan pembedahan dan darah diambil pada bagian jantung mencit. Hitung jenis leukosit dilakukan melalui teknik apusan darah dengan mengamati 100 sel leukosit perbesaran 400 kali pada mikroskop. Berdasarkan normalitas dan homogenitasnya maka data penelitian dari sel eosinofil, basofil, dan monosit dianalisis menggunakan uji One Way Anova sedangkan sel neutrofil dan limfosit dianalisis dengan uji Kurskal Wallis. Hasil signifikansi yang diperoleh secara berurutan yakni 0,005; 0,130; 0,00; 0,072; dan 0,363. Kesimpulan yang didapatkan yakni secara umum ekstrak daging buah Kurma Ajwa (P. dactylifera) mempengaruhi hitung jenis leukosit mencit (M. musculus) bunting.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Agustina, Eva
Uncontrolled Keywords: Leukosit; Phoenix dactylifera; Mus musculus bunting
Subjects: Biologi
Teknologi
Teknologi pangan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nafiah Farihatun
Date Deposited: 20 Apr 2018 01:50
Last Modified: 20 Apr 2018 01:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24278

Actions (login required)

View Item View Item