Pengaruh profesionalisme, job stress, dan perilaku etis terhadap kinerja karyawan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Jawa Timur

Devi, Asha Rosila (2018) Pengaruh profesionalisme, job stress, dan perilaku etis terhadap kinerja karyawan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asha Rosila Devi_G94214134.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah terdapat pengaruh signifikan secara parsial maupun simultan antara profesionalisem, job stress, dan perilaku etis terhadap kinerja karyawan pada badan amil zakat nasional (BAZNAS) di Jawa Timur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Subjek penelitian ini adalah karyawan BAZNAS Prov Jatim, BAZNAS Kab. Gresik dan BAZNAS Kab. Sidoarjo yang berjumlah 33 karyawan dengan respondent rate 100% (33 responden). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada responden yakni pada karyawan BAZNAS Prov. Jatim, BAZNAS Kab. Gresik dan BAZNAS Kab. Sidoarjo, dan melakukan wawancara dengan kepala Divisi Keuangan, SDM dan Umum. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik yakni uji T (parsial) dan uji F (simultan). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial profesionalisme berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawandengan perolehan nilai t hitung>ttabel yakni 3,569>2,04523dan job stress tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawanterbukti dari nilai t hitung<t tabel yakni 1,933<2,04523. Sedangkan perilaku etis tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan terbukti dari nilai t hitung<t tabel yakni 1,933<2,04523. Dan secara simultan menunjukkan bahwa profesionalisme, job stress, dan perilaku etis berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Terbukti dari nilai F hitung> F tabel yakni 16,689 >2,93. Dari hasil penelitian ini disarankan bisa menjadi evaluasi bagi setiap karyawan dan pimpinan pada lembaga BAZNAS Prov. Jatim, BAZNAS Kab. Gresik dan BAZNAS Kab. Sidoarjo guna sebagai standar kompetensi agar kedepannya dapat lebih profesional dalam melakukan tugas kewajibannya sebagai karyawan, yakni dengan mengadakan pelatihan disetiap divisi diharapkan dapat tercapainya hasil kerja yang lebih maksimal dan tidak hanya mengadakan pelatihan pada divisi keuangan saja. Untuk penelitian selanjutnya yakni dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel lain, dan perluasan daerah survei.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme; job stress; perilaku etis; kinerja karyawan
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Devi, Asha Rosilaasharosila@gmail.com
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Devi Asha Rosila
Date Deposited: 19 Apr 2018 07:58
Last Modified: 19 Apr 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24249

Actions (login required)

View Item View Item