Pengaruh brand image dan word of mouth pada keputusan pembelian: studi pada konsumen cafe Cak Cuk Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukholidah, Septi Isnaini (2018) Pengaruh brand image dan word of mouth pada keputusan pembelian: studi pada konsumen cafe Cak Cuk Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Septi Isnaini mukholidah_G93214035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan mengenai apakah ada pengaruh positif antara brand image dan word of mouth pada keputusan pembelian di Cafe Cak Cuk Surabaya. Metode penilitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengumpulkan data primer melalui metode survei dengan melakukan penyebaran kuesioner pada konsumen Cafe Cak Cuk Surabaya. Kemudian di analisis dengan mencari hubungan sebab akibat (kausal), yakni mengenai pengaruh variabel brand image dan word of mouth pada variabel keputusan pembelian. Uji pengaruh pada penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa brand image berpengaruh secara positif pada keputusan pembelian yang dibuktikan dengan adanya nilai thitung sebesar 4.554 dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi sebesar 0,426 yang berarti positif, word of mouth juga berpengaruh secara positif pada keputusan pembelian yakni dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 10,239 dengan nilai signifikansi 0,000 serta koefisien regresi sebesar 0,679 yang berarti positif, serta brand image dan word of mouth yang secara simultan berpengaruh positif pada keputusan pembelian yang dibuktikan dengan Fhitung sebesar 166.170 dengan nilai signifikansi 0,000, dan nilai koefisien determinasi yakni 0,570 yang berarti bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan atau diterangkan oleh brand image dan word of mouth sebesar 57% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Dari hasil penelitian di atas, dapat diketahui bahwa brand image dan word of mouth memiliki pengaruh secara positif pada keputusan pembelian, sehingga pihak Cafe Cak Cuk dapat meningkatkan peran brand image dengan menguatkan image yang sudah ada, misalkan pemberian spot foto unik khas Cak Cuk dan pemberian fitur lainnya yang mendeskripsikan image Cak Cuk yang sudah ada. Untuk peningkatan peran word of mouth elektronik dan tradisional dapat dilakukan dengan misalnya mengundang food blogger dan foodgram untuk datang ke Cafe Cak Cuk dan melakukan kolaborasi review terhadap kondisi di Cafe Cak Cuk, sehingga penguatan word of mouth dapat dilakukan. Dengan adanya peningkatan peran kedua variabel tersebut diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukholidah, Septi Isnainiseptiisnaini64@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Uncontrolled Keywords: brand image; word of mouth; keputusan pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Mukholidah Septi Isnaini
Date Deposited: 19 Apr 2018 07:34
Last Modified: 19 Apr 2018 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24236

Actions (login required)

View Item View Item