Kepemimpinan berbasis kecerdasan emosi: studi pada komunitas pelajar tanpa pacaran dan remaja Masjid Ar-Rahman Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karyanto, Riski (2018) Kepemimpinan berbasis kecerdasan emosi: studi pada komunitas pelajar tanpa pacaran dan remaja Masjid Ar-Rahman Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riski Karyanto_F02916198.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengetahui kepemimpinan berbasis kecerdasan emosi pada Komunitas Pelajar Tanpa Pacaran (PTP) dan Remaja Masjid Ar-Rahman Surabaya. Penelitian ini dilakukan karena pemimpin kedua organisasi tersebut sama-sama berhasil mendirikan dan mengembangkan organisasi yang dinaungi oleh pelajar Gen Z yakni berusia antara 12-18 tahun. Secara karakter khas pelajar Gen Z masih memiliki emosi yang berkobar dan pengendalian diri yang belum matang sehingga perlu penyikapan yang cerdas secara emosi dalam menggerakkan mereka, khususnya pada aspek perilaku kepemimpinan organisasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan sumber data yang diperoleh dari wawancara dan dokumen. Teori yang dijadikan pisau analisis adalah kepemimpinan berbasis kecerdasan emosi (Primal Leadership) yang dirumuskan oleh Daniel Goleman, Richard Boyatzis, dan Annie McKee. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa ketua Komunitas Pelajar Tanpa Pacaran dan ketua Remaja Masjid Ar-Rahman Surabaya memiliki kompetensi kepemimpinan berbasis kecerdaan emosi yakni kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, dan pengelolaan relasi. Kompetensi kesadaran diri ditampakkan dengan perilaku memahami kondisi diri dengan tepat untuk kemudian mengambil tindakan minta tolong pada orang lain (SDM) atau justru memberi pertolongan dan motivasi. Kompetensi pengelolaan diri ditampakkan dengan perilaku tidak meluapkan emosi kepada SDM, tidak bingung dalam tekanan masalah, dan tetap mampu menghasilkan inisiatif pemecahan masalah. Kompetensi kesadaran sosial ditampakkan dengan perilaku senantiasa empati, peka terhadap masalah yang ada di organisasi, serta siap melayani SDM saat dibutuhkan. Terakhir, kompetensi pengelolaan relasi ditampakkan dengan perilaku memberikan contoh atau menjadi inspirasi dalam bekerja di organisasi, membantu SDM agar mampu melakukan pekerjaan organisasi, serta menyelesaikan konflik di dalam organisasi dengan segera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karyanto, Riskirk.boyz@live.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; kecerdasan emosi; organisasi dakwah pelajar
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Karyanto Riski
Date Deposited: 20 Apr 2018 07:57
Last Modified: 20 Apr 2018 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24234

Actions (login required)

View Item View Item