Studi komparatif pemikiran Ali Abdul Raziq dan Mustafa Kemal Ataturk mengenai konsep negara modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizi, Hanif (2011) Studi komparatif pemikiran Ali Abdul Raziq dan Mustafa Kemal Ataturk mengenai konsep negara modern. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hanif Azizi_C03205028.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana konsep negara modern menurut Ali Abdul Raziq dan Mustafa Kemal Ataturk, dan juga perbandingannya sebagai pembeda antara pemikiran kedua tokoh ini. Data penelitian dihimpun melalui teknik studi pustaka selanjutnya dikomparasikan untuk mendapatkan perbandingan, antara kelebihan dan kekurangan dari pemikiran kedua tokoh tersebut mengenai konsep negara modern. Dalam skripsi ini terdapat beberapa pemikiran konsep negara modern menurut Ali Abdul Raziq, diantaranya adalah, sistem khilafah ditolak, ummat Islam wajib memiliki pemerintahan, dan pemerintahan bukanlah pemerintahan agama, tetapi hanyalah pemerintah yang menjalankan tugas duniawi. Begitu pula dengan Mustafa Kemal Ataturk yang memberikan konsep negara modern adalah, nasionalisme, sekularisme dan westemisme. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsep negara modern yang digagas oleh Ali Abdul Raziq di Mesir dan Mustafa Kemal Atat urk di Turki adalah hampir sama, tetapi walaupun demikian masih ada beberapa perbedaan dan perbandingan antara kedua tokoh tersebut. diantaranya adalah Ali Abdul Raziq dan Mustafa Kemal Ataturk, sama-sama menginginkan sistem sekuler, atau pemisahan antara urusan agama dan negara, karena hal ini mereka nilai bisa untuk membawa sebuah negara menjadi negara modern, karena jika menggunakan sistem khilafah yang dinilai tidak bisa membawa perkembangan jika diterapkan untuk kemajuan Turki maupun Mesir. Maka dari itu penulis menghimbau agar setiap masalah tidak hanya diambil sisi negatifnya saja, tetapi beberapa pemikiran bisa lebih banyak manfaatnya, terutama bagi perkembangan politik di negara kita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizi, Hanif--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Ali Abdul Raziq; Mustafa Kemal Ataturk; konsep negara modern
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2018 07:22
Last Modified: 18 Apr 2018 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24227

Actions (login required)

View Item View Item