PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN AKHLAQ SISWA DI MTS MANBA’UL HIKAM TANGGULANGIN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nu’man, M. Syafi’in (2015) PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN AKHLAQ SISWA DI MTS MANBA’UL HIKAM TANGGULANGIN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang masalah penelitian ini adalah mengingat pentingnya moral dan akhlaq dalam kehidupan manusia secara umum dan khususnya bagi siswa, maka perlu adanya upaya guru agama khususnya dan guru BK dalam meningkatkan moral dan akhlaq siswa di kalangan remaja, karena nak pada usia sekolah lanjutan pertama termasuk pada periode usia pubertas atau disebut juga masa remaja awal yaitu masa dimana tingkat emosinya menonjol, dorongan nafsunya kuat, jiwanya penuh pertentangan dan kegoncangan, sikap dan tingkah lakunya sulit diatur, sehingga banyak adanya dekadensi moral yang terjadi dikalangan usia tersebut.Seperti adanya perkelahian antar teman, tidak sopan terhadap guru dan lain- lainnya.Dengan bekal pendidikan moral dan akhlak yang kuat diharapkan akan lahir anak anak masa depan yang memiliki keunggulan kompetitif yang ditandai dengan kemampuan intelektual yang tinggi ( ilmu Pengentahuan dan Teknologi ) yang diimbangi dengan penghayatan nilai keimanan, akhlak, Psikologis dan social yang baik.Untuk itu dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana meningkatkan siswa Mts Manba’ul Hikam Sioarjo dan bagaimana peranan yang telah ditempuh oleh guru pembimbing dalam meningkatkan akhlaq siswanya.Oleh karena itu dalam penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peningkatan akhlaq siswa, serta upaya guru bimbingan konseling dalam mendidiknya. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan permasalahan siswa yang kurang berakhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Mts Manba’ul Hikam Sidoarjo.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, Penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Bambang Hidup Mulyo
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nu’man, M. Syafi’inUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Guru
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling; Akhlak Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2015 02:13
Last Modified: 26 Oct 2015 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2422

Actions (login required)

View Item View Item