Obligasi syariah: studi tinjauan hukum Islam terhadap aplikasi sukuk ijarah al-muntahiya bittamlik di bursa efek Indonesia Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniyawati, Dina (2009) Obligasi syariah: studi tinjauan hukum Islam terhadap aplikasi sukuk ijarah al-muntahiya bittamlik di bursa efek Indonesia Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
DIna Kurniyawati_C03304082.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana aplikasi sukuk ijarah al-muntahiya bittamlik dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap sukuk ijārah al-muntahiya bittamlik di Bursa Efek Indonesia Surabaya? Data penelitian dihimpun melalui pembacaan dan dokmen yang ada di BEI Surabaya dan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-induktif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa aplikasi sukuk ijarah al-muntahiya bittamlik (sale and lease back) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya adalah sebagai berikut: Investor dan Obligor melakukan transaksi jual-beli aset, disertai dengan purchase sale and sale undertaking di mana obligor menjamin untuk membeli kembali aset dari investor, dan investor wajib menjual kembali aset kepada obligor, pada saat sukuk jatuh tempo atau dalam hal terjadi default. Bursa efek menerbitkan sukuk untuk membiayai pembelian aset. Obligor menyewa kembali aset dengan melakukan perjanjian sewa (ijarah agreement) dengan bursa efek untuk periode yang sama dengan jangka waktu sukuk yang diterbitkan. Berdasarkan servicing agency agreement, obligor ditunjuk sebagai agen yang bertanggungjawab atas perawatan aset. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa menurut Hukum Islam, sukuk ijārah al-muntahiya bittamlik (sale and lease back) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya hukumnya boleh. Akad yang digunakan adalah bay’ dan ijarah yang dilaksanakan secara terpisah. Sale and lease back adalah jual beli suatu aset untuk kemudian pembeli menyewakan kembali aset kepada penjual yang dapat disesuaikan dengan syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniyawati, DinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Sewa
Keywords: Obligasi syariah; hukum Islam; aplikasi sukuk ijarah al muntahiya bittamlik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:44
Last Modified: 18 Apr 2018 04:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24219

Actions (login required)

View Item View Item