Praktek manajemen risiko dalam hadge fund di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Sidoarjo menurut hukum Islam dan Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang penerapan manajemen resiko

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyaduddin, Bakhtiar (2009) Praktek manajemen risiko dalam hadge fund di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Sidoarjo menurut hukum Islam dan Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang penerapan manajemen resiko. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bakhtiar Rosyaduddin_C32205012.pdf

Download (655kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimanakah praktek manajemen risiko yang terjadi di BRI Syariah Sidoarjo? Bagaimana dampak manajemen risiko dalam sistem Hedge Fund di BRI Syariah Sidoarjo? Bagaimana praktek manajemen risiko di BRI Syariah Sidoarjo menurut tinjauan hukum Islam dan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 9/15/PBI/2007 tentang manajemen risiko? Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pejabat atau pegawai di Bank BRI Syariah Sidoarjo. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif-analitis. Yaitu setelah penulis menggambarkan temuan dari bank BRI Syariah Sidoarjo secara sistematis maka akan dianalisis dengan metode induktif menurut klasifikasinya. Praktek manajemen risiko di bank BRI Syariah Sidoarjo penerapannya secara bertahap, risiko-risiko yang dihadapi oleh bank BRI Syariah Sidoarjo meliputi risiko operasional yaitu ketika terjadi kegagalan dalam melaksanakan dan menerapkan proses serta prosedur dalam suatu kegiatan, kedua adalah, risiko pembiayaan, pola yang dijalankan di Bank BRI Syariah Sidoarjo dengan menentukan persyaratan tertentu kepada nasabah, sedangkan risiko terakhir yaitu risiko pasar, risiko jenis ini Bank BRI Syariah Sidoarjo tidak secara langsung menangani, sebab yang menangani adalah cabang utama. Dampak bagi Bank BRI Syari’ah Sidoarjo setelah menerapkan manajemen risiko dapat memperkuat kestabilan sistem keuangan dengan jalan mendorong pengembangan manajemen resiko dan kecukupan modal perbankan. Praktek Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 9/15/PBI/2007 tentang Manajemen Risiko dalam sistem Hadge Fund di BRI Syariah Sidoarjo menurut hukum Islam adalah diperbolehkan. Diharapkan perbankan syariah lebih cermat dan teliti dalam menempatkan atau menyalurkan dananya baik dari resiko pasar, pembiayaan, ataupun operasional. Lebih-lebih praktek manajemen resiko yang sesuai kaidah Islam, menjadi sebuah tanggungjawab moral dan momentum kebangkitan perbankan syariah untuk bisa merumuskan dan sekaligus menerapkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyaduddin, BakhtiarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan
Manajemen
Uncontrolled Keywords: Manajemen risiko; hadge fund; BRI
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:05
Last Modified: 18 Apr 2018 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24215

Actions (login required)

View Item View Item