Penggunaan media Papan Kata untuk meningkatkan keterampilan Speaking Bahasa Inggris materi Conversation siswa kelas IV B MI Darussalam Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ganda SJN, Adil (2016) Penggunaan media Papan Kata untuk meningkatkan keterampilan Speaking Bahasa Inggris materi Conversation siswa kelas IV B MI Darussalam Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Adil Ganda Subrata Jaya Negara_D77211067.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh masalah yang timbul di kelas IV B MI Darussalam, Sugihwaras Candi Sidoarjo. Masalah tersebut mengenai keterampilan speaking pada materi conversation sangat rendah. Pernyataan tersebut dibuktikan dari kesimpulan hasil wawancara dengan siswa dimana vocabulary yang mereka kuasai masih minim serta tidak adanya media pembelajaran. Diperkuat oleh hasil ulangan harian, dari total 37 siswa hanya 12 orang yang telah mencapai nilai KKM sebesar 75 dengan prosentase keberhasilan 33,43 %. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media papan kata dengan jenis penelitian kolaboratif, yaitu pelaksanaannya dilakukan dengan bekerjasama dengan guru wali kelas IV B. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Model penelitian Kurt Lewin dalam tiap siklus terdapat 4 langkah pokok, yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Materi yang dipilih untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah KD 6.3 bercakap cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang, memberi barang. Sedangkan tujuan pembelajarannya adalah melalui media papan kata siswa mampu menyebutkan kosakata tentang fruits and vegetables dengan baik dan benar, melalui media papan kata siswa mampu membuat kalimat dengan kosakata tentang fruits and vegetables dengan baik dan benar, melalui media papan kata siswa mampu melakukan percakapan tentang fruits and vegetables dengan fasih. Hasil PTK yang telah dilakukan pada siklus I dari total 37 siswa terdapat 16 siswa yang tuntas dan 21 siswa belum tuntas. Prosentase ketuntasan pada siklus I ini sebesar 43,24% dengan nilai rata-rata sebesar 74,8. Perolehan hasil nilai tersebut masih belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan maka dengan ini peneliti melanjutkan pada siklus II. PTK yang dilaksanakan pada siklus II ini diperoleh hasil bahwa dari total 37 siswa terdapat 35 siswa yang tuntas dan 2 siswa belum tuntas. Prosentase ketuntasan pada siklus II sebesar 94,59% dengan nilai rata-rata sebesar 83,65. Jadi, penelitian tindakan kelas pada materi conversation dengan menggunakan media papan kata dinyatakan tuntas atau berhasil meningkatkan keterampilan speaking siswa kelas IV B MI Darusalam, Sugihwaras Candi Sidoarjo sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ganda SJN, Adilsjnadilganda@gmail.comD77211067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSaleh, Chairatichairatisaleh@uinsby.ac.id2011047302
Subjects: Agama
Akhlak
Bahasa Inggris
Bahan Pustaka
Budaya Islam
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Speaking; media Papan Kata; Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Negara Adil Ganda Subrata Jaya
Date Deposited: 18 Apr 2018 06:29
Last Modified: 13 Nov 2019 02:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24214

Actions (login required)

View Item View Item