PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENUMBUHKAN RASA TANGGUNG JAWAB DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PLUS QIRAATI AL HAYAT KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanif, Sakinah Mas’udah (2015) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENUMBUHKAN RASA TANGGUNG JAWAB DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PLUS QIRAATI AL HAYAT KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Anak merupakan sosok individu yang sedang mengalami proses perkembangan yang sangat pesat bagi kehidupan yang akan datang. Anak memiliki dunia dan karakteristik tersendiri, jauh berbeda dengan karakteristik orang dewasa. Kebutuhan bimbingan kelompok pada pendidikan anak usia dini muncul dari karakteristik dan masalah-masalah perkembngan yang terjadi pada masa anak-anak (khususnya usia dini) sehingga dapat menghambat perkembangan selanjutnya.
Pelaksanaan bimbingan kelompok untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sangat membantu perkembangan selanjutnya secara positif. Adanya faktor pendukung dan penghambat memaksa konselor untuk bertindak kreatif agar tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana secara maksimal.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan dalam bentuk angka-angka. Data ini diperoleh dari naskah, dokumen pribadi, wawancara, catatan lapangan atau dokumen resmi lainnya.
Pelaksanaan bimbingan kelompok melalui alat permainan edukatif untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab berpengaruh sangat besar. Penerapan ini dapat membantu anak dalam proses perkembangannya secara positif dan maksimal serta menumbuhkan karakter anak yang jauh lebih matang dari segi social, emosi, perkembngan motorik halus/kasar, tanggung jawab, kepemimpinan, kedisiplinan, kemandirian, serta bahasa yang dimiliki oleh anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Bawani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanif, Sakinah Mas’udahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Alat Permainan Edukatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2015 01:47
Last Modified: 26 Oct 2015 01:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item View Item