Larangan perkawinan Weton Gotong Kliwon di Desa Gempol Tuk Mloko Kec. Sarirejo Kab. Lamongan: studi kasus hamil di luar nikah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asti'ani, Asti'ani (2010) Larangan perkawinan Weton Gotong Kliwon di Desa Gempol Tuk Mloko Kec. Sarirejo Kab. Lamongan: studi kasus hamil di luar nikah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Asti'ani_C01206105.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai, apakah latar belakang masyarakat Desa Gempol Tuk Mloko melarang perkawinan "Weton Gotong Kliwon”. Dan bagaimanakah analisis Hukum Islam terhadap larangan perkawinan "Weton Gotong Kliwon" di Desa Gempol Tuk Mloko. Data dalam penelitaian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, interview (wawancara) dan studi dokumenter, setelah data terkumpul kemudian data di olah dengan teknik editing, organizing, dan coding. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan induktif untuk memperoleh kesimpulan yang khusus dan dianalisis menurut Hukum Islam. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa bentuk perkawinan "Weton Gotong Kliwon” di Desa Gempol Tuk Mloko Kec. Sarirejo Kab. Lamongan, ada dua macam : a) Perkawinan "Weton Gotong Kliwon” dengan dilengkapi ritual adat, b) Perkawinan "Weton Gotong Kliwon” oleh calon pasangan suami istri yang hamil di luar nikah. Sedangkan Latar belakang terjadinya larangan perkawinan yang ada di Desa Gempol Tuk Mloko Kec. Sarirejo Kab. Lamongan antara lain adalah : a) Adanya kepercayaan masyarakat bahwa perkawinan tersebut dilanggar akan mendapatkan balak atau malapetaka. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka larangan perkawinan "Weton Gotong Kliwon” dengan ajaran Islam sangat bertentangan dan disarankan kepada para tokoh masyarakat, khususnya tokoh agama hendaknya memberikan bimbingan dan penyuluhan Hukum Islam terhadap masalah perkawinan khususnya mengenai larangan perkawinan adat seperti larangan perkawinan "Weton Gotong Kliwon”: Dalam rangka mengurangi keyakinan tradisi larangan perkawinan tersebut, diperlukan adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara meningkatkan ilmu pengetahuan tentang syari'at Islamiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asti'ani, Asti'ani--UNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Uncontrolled Keywords: perkawinan; Weton Gotong Kliwon; Hamil di luar nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2018 01:42
Last Modified: 16 May 2018 03:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24206

Actions (login required)

View Item View Item