Peningkatan kemampuan memahami materi hukum bacaan ikhfa' mata pelajaran Al-qur'an Hadits melalui strategi cooperative learning tipe number head together pada siswa kelas IV MI al-Mubarok Desa Wangkal-Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramandani, Siti (2018) Peningkatan kemampuan memahami materi hukum bacaan ikhfa' mata pelajaran Al-qur'an Hadits melalui strategi cooperative learning tipe number head together pada siswa kelas IV MI al-Mubarok Desa Wangkal-Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ramandani_D97214099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yakni pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, nilainya masih banyak dibawah KKM dan masih banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan Strategi Cooperative Learing Tipe Number Head Together. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana penerapan strategi cooperative learing tipe number head together dalam memahami materi hukum bacaan ikhfa’ mata pelajaran Al–Quran Hadits di MI AL-Mubarok Desa Wangkal Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo ?, 2. Bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi hukum bacaan ikhfa’ mata pelajaran Al–Qur’an Hadits di MI AL-Mubarok Desa Wangkal Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo setelah menerapkan strategi cooperative learing tipe number head together ? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes tulis kemampuan memahami menggunakan penilaian tes tulis kelompok dan individu, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1.Pembelajaran menggunakan strategi cooperative learning tipe number head together pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan ikhfa’ sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil aktivitas guru sudah menunjukkan bahwa skor aktivitas guru dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 83,3 menjadi 90,47. Selain itu hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan yaitu 75 menjadi 87,5. Dan dikatakan 2.Penggunaan strategi cooperative learning tipe number head together pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan ikhfa’ dapat meningkatkan kemampuan memahami siswa bisa dilihat dari nilai rata- rata kemampuan memahami siswa, prosentase ketuntasan memahami siswa dan jumlah siswa yang tuntas pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Rata – rata kelas kemampuan memahami siswa dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan yaitu dari pra siklus mendapakan skor 59 menjadi 87,3 pada siklus 1 dan meningkatkan 89,58 pada siklus 2. Sedangkan prosentase ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari skor 8,3%pada pra siklus menjadi 79% pada siklus 1 hingga meningkat 91,6 % pada siklus 2.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramandani, Sitiramandanicipluk@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan memahami; strategi coperative learning; tipe number head together
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ramandani Siti
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:45
Last Modified: 18 Apr 2018 02:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24201

Actions (login required)

View Item View Item