Tinjauan hukum Islam terhadap pembagian waris dengan sistem sama rata antar ahli waris di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chriswahyudi, Aam Ahmad (2011) Tinjauan hukum Islam terhadap pembagian waris dengan sistem sama rata antar ahli waris di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aam Ahmad Chriswahyudi_C01207024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan ; Bagaimana deskripsi pembagian waris dengan Sistem Sama Rota Antar Ahli Waris Di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang? dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap pembagian waris dengan Sistem Sama Rota Antar Ahli Waris Di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang? Data penelitian ini dihimpun melalui teknik interview (wawancara) dengan pihak keluarga memakai pembagian waris sistem sama rata antar ahli waris, tokoh masyarakat, dan tokoh agama yang terkait di lapangan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode Deskriptif Analisis, yaitu suatu metode yang dipergunakan dengan jalan memberikan gambaran terhadap masalah pembagian waris dengan Sistem Sama Rata Antar Ahli Waris Di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Kemudian dianalisis dengan pola fik.ir deduktif. Pola pikir dcduktif, yaitu data yang diperoleh dalam skripsi ini dimulai dengan mengemukakan gambaran umum berupa teori hukum Islam, kemudian memperhatikan permasalahan yang khusus tentang pembagian waris dengan sistem sama rata antar ahli waris di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Selanjutnya ditarik kesimpulan yang bersifat khusus menurut Hukum Islam. Kemudian menjadi suatu konsep hukum kewarisan Islam. Pembahasan dalam skripsi ini, membahas pembagian waris dengan sitem sama rata antar ahli waris di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, menurut hukum adat yang berada di desa tersebut itu diperbolehkan, karena dengan menyamaratakan seluruh bagian ahli waris baik ahli waris laki-laki maupun ahli waris perempuan, semuanya mendapat bagian yang sama rata, maka dirasa adil bagian masing-masing ahli waris. Sedangkan menurut Hukum Islam pembagian waris dengan sistem sama rata antar ahli waris di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang diperbolehkan yang didasarkan pada kompilasi hukum Islam pasal 183, berisi kesepakatan para ahli waris dalam pembagian harta warisan, setelah masing-masing menyadari bagiannya. Dapat disimpulkan dan saran, pembagian waris dengan sistem sama rata antar ahli waris di Desa Bulurejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jorn.ban& menerapkan sistem keturunan bilateral, yaitu dimana kedudukan pria dan wanita tidak dibedakan dalam pewarisan. Bermusyawarah dalam membagi harta warisan serta berlaku adil dan Jebih seksama dalam mensosialisasikan hukum Islam kepada seluruh masyarakat di Desa Bulurejo terutama masalah hukum kewarisan Islam, agar dalam membagi warisan sesuai dengan syariat yang bersumber pada Al-Quran dan Al-Hadits.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chriswahyudi, Aam Ahmad--UNSPECIFIED
Subjects: Waris
Uncontrolled Keywords: Pembagian waris
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:46
Last Modified: 17 Apr 2018 06:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24190

Actions (login required)

View Item View Item