Peran Badan Pemeriksa Keuangan dalam Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Negara dalam perspektif Siyasah Maliyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Guanti, Wiwin (2018) Peran Badan Pemeriksa Keuangan dalam Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Negara dalam perspektif Siyasah Maliyah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wiwin Guanti_F02216040.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menganalisi sistem pemeriksaan badan pemeriksa keuangan dalam Undang-Undang No. 15 Tahun 2004 dan Pasal 23E UUD 1945. Selain itu, penelitian ini juga untuk menganalisis tinjuan Siyāsah Māliyah dalam pemeriksaan pengelolaan keuangan negara. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum yang terdiri dari pengumpulan bahan hukum, sumber bahan hukum yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian normatif yang digunakan untuk mengananlisis permasalahan mengenai UU No. 15 Tahun 2004. Kemudian, disamping menggunakan penelitian normatif juga menggunakan metode penelitian empiris yaitu kualitatif digunakan untuk menganalisis permasalahan siyāsah māliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Badan Pemeriksa Keuangan sebagai lembaga yang bebas dan mandiri yang tugasnya di atur dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang berperan sebagai auditor eksternal dalam pengelolaan keuangan negara, ditemukan bahwa dalam sistem pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan masih belum dijalankan dengan maksimal atau optimal. Karena, masih banyak terdapat kendal-kendala yang dihadapi oleh Badan Pemeriksa Keuangan dalam menjalankan pemeriksaan keuangan. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh Badan Pemeriksa Keuangan yaitu kendala yuridis dan sumber daya manusia. Kemudian, disamping itu dari perspektif siyāsah māliyah menunjukkan bahwa pengawas keuangan dalam islam adalah al musyrif al mali yang menjadi pengawas keuangan yang sudah dilaksanakan pada masa pertengahan. Hal tersebut, menunjukkan bahwa pengawas keuangan sudah terlahir sejak itu. Adapun saran dalam penelitian ini adalah agar penelitian ini dikembangkan lagi dalam kaitannya dengan judul yang diambil. Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih mendalam dan berbeda perspektif namun tetap dalam satu topik masalah. Saran bagi pemerintah maupun lembaga lainnya agar memperhatikan dan memperlakukan lembaga Badan Pemeriksa Keuangan sebagai lembaga yang sudah melakukan kinerja yang baik dengan dibuktikan sudah banyak menemukan-menemukan penyimpangan-penyimpangan terhadap keuangan negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Guanti, Wiwinwiwinguanti674@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Badan Pemeriksa Keuangan; Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Negara
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Guanti Wiwin
Date Deposited: 17 Apr 2018 06:12
Last Modified: 24 Apr 2019 01:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24182

Actions (login required)

View Item View Item