Efektifitas metode pembelajaran cooperative learning untuk menurunkan kecemasan siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo dalam menghadapi pelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lulitafia, Milla (2010) Efektifitas metode pembelajaran cooperative learning untuk menurunkan kecemasan siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo dalam menghadapi pelajaran Matematika. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Milla Lulitafia_B07207038.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Pembelajaran cooperative learning untuk menwunkan kecemasan siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Taman Sidoaijo dalam Menghadapi Pelajaran Matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya adalah penelitian eksperimen, dimana dalam penelitian ini menggunakan desain one group pre and posttest design dengan analisis data menggunakan Uji Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Ranks Test). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Taman Sidoatjo sebanyak 36 siswa yang diambil 12 siswa yang menjadi subyek dengan skor kecemasan tinggi. Pengolahan data angket dilakukan dengan pretest dan posttest, dimana dari 36 siswa, diantaranya sebanyak 12 siswa yang tennasuk kelompok eksperimen yang memiliki kecemasan tinggi, sehingga dua betas siswa tersebut diberikan empat kali treatmen (pembelajaran cooperative learning). Penelitian ini menggunakan metode analisis statistic non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Ranks Test (Tes Ranking Bertanda Wilcoxon) dengan bantuan SPSS release 14,0. Dari basil data dapat diperoleh probabilitas nilai dari Zhitwtg adalah -2.552, pada taraf signifikansi (a) 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis statistic diatas yang menyatakan bahwa metode pembelajaran cooperative learning efektif untuk menurunkan kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika. Hal ini terbukti dari 12 siswa yang dibandingkan, rata-rata terdapat 8 siswa yang lebih rendah (menurun) tingkat kecemasannya dalam mengbadapi pelajaran matematika. Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan metode pembelajaran cooperative learning efektif untuk menwunkan kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran tnatematika terbukti kebenarannya Hal ini dapat diketahui dari rata-rata siswa kelompok eksperimen yang memiliki tingkat kecemasan lebih rendah (menurun) sesudah diberikan metode pembelajaran cooperative learning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lulitafia, MillaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Psikologi > Kecemasan
Psikologi Belajar
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; cooperative learning; kecemasan siswa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2018 07:53
Last Modified: 16 Apr 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24172

Actions (login required)

View Item View Item