Efektivitas metode brain gym dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada mata pelajaran Matematika siswa SD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jumiarsih, Lilik (2011) Efektivitas metode brain gym dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada mata pelajaran Matematika siswa SD. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Jumiarsih_B07207018.pdf

Download (901kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Brain Gym dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada mata pelajaran matematika siswa SD. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Sadang Taman- Sidoarjo, yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berjumlah 20 0rang siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimental, jenis desain penelitian control time series design. Instrument pengumpul data melalui observasi dan tes kemampuan berhitung (Matematika). Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) pada program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ini, mean score variabel kemampuan berhitung pada kelompok eksperimen lebih besar daripada mean score variabel kemampuan berhitung pada kelompok kontol (75,61 > 55,46) menyatakan terdapat perbedaan kemampuan berhitung antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) terlihat hasil nilai Z lebih besar dari 1,96 yaitu (-3,162 > 1,96) yang terletak pada taraf kesalahan (0,002 < 0,05) juga menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berhitung antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Metode brain gym efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada mata pelajaran matematika siswa SD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jumiarsih, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Uncontrolled Keywords: Metode brain gym; kemampuan berhitung; Matematika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2018 07:16
Last Modified: 16 Apr 2018 07:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24171

Actions (login required)

View Item View Item