Efektifitas terapi bermain terhadap peningkatan konsentrasi pada anak ADHD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maknun, Luk Luil (2011) Efektifitas terapi bermain terhadap peningkatan konsentrasi pada anak ADHD. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luk Luil Maknun_B37207002.pdf

Download (1MB)

Abstract

ADHD (attention deficit hyperactive disorder) merupakan salah satu kelainan yang sering dijumpai pada gangguan perilaku pada anak. kondisi anak-anak yang memperlihatkan ciri-ciri atau gejala kurang konsentrasi, hiperaktif dan impulsive yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan sebagian besar aktivitas hidup mereka. Masalah pokok yang dihadapi anak ADHD adalah kesulitan dalam perhatian berkelanjutan, pengendalian atau penghambatan impuls, kegiatan berlebih, kesulitan mematuhi peraturan dan instruksi, dan adanya variabilitas berlebih dalam merespons situasi khususnya pekerjaan sekolah. Terapi bermain merupakan salah satu terapi modifikasi perilaku yang berguna untuk mengajarkan perilaku yang diinginkan, dengan permainan anak-anak dapat melakukan latihan konsentrasi tanpa merasa sedang menjalani proses terapi dan menjadi lebih bebas mengekspresikan tingkah lakunya. Oleh karena itu Pemberian terapi bermain dimaksudkan agar dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi pada anak ADHD. Adapun masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah terapi bermain mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatkan konsentrasi pada anak dengan gangguan ADHD sebelum dan sesudah pemberian treatment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi bermain dalam meningkatkan konsentrasi pada anak dengan gangguan ADHD sebelum dan sesudah pemberian treatment. Lokasi penelitian di Pusat Terapi dan Pelatihan Anak Berkebutuhan Khusus “SAFIR” Surabaya. Dengan populasi penelitian anak ADHD di Pusat Terapi dan Pelatihan Anak Berkebutuhan Khusus “SAFIR” Surabaya yang terdiri dari 5 anak ADHD. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental desaign. Penelitian ini termasuk one group pre test-post test design, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode check list untuk mengetahui pengaruh terapi bermain terhadap peningkatan konsentrasi. Hasil analisis data yang diolah dengan rumus Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Ranks Test) signifikansi 0,025 < 0,05, Sehingga terapi bermain memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan konsentrasi anak ADHD di Pusat Terapi dan Pelatihan Anak Berkebutuhan Khusus “SAFIR” Surabaya. Saran bagi peneliti dikemudian hari agar melakukan penambahan sampel penelitian agar diperoleh hasil penelitian yang lebih baik, dan didalam pengambilan data hendaknya diperhatikan ruangan untuk subyek yang sedang melaksanakan treatment, dan kondisi subyek dengan demikian hasil yang diperoleh akan lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maknun, Luk LuilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi > Kecemasan
Psikoterapi
Uncontrolled Keywords: Terapi bermain; peningkatan konsentrasi; anak ADHD
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2018 06:49
Last Modified: 16 Apr 2018 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/24170

Actions (login required)

View Item View Item